0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Banjir, TRC-BP Klaten Susur Sungai

Bupati Klaten Sunarno melepas tim susur sungai (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Guna mengantisipasi ancaman banjir dan longsor, Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-BP) Klaten melakukan kegiatan susur sungai, di Kali Woro hingga Kali Dengkeng, Senin – Minggu (3-8/11).

Sebelum berangkat, Senin (3/11), tim susur sungai beranggotakan 20 personel itu dilepas langsung Bupati Klaten Sunarna. Dalam pelepasan tersebut, Sunarna menerangkan bahwa Klaten termasuk salah satu kabupaten yang paling rawan bencana se-Jateng, baik angin ribut, gunung meletus, gempa bumi, banjir dan tanah longsor.

“Sebentar lagi akan masuk musim pengghujan. Lewat kegiatan susur sungai yang membentang dari kali Woro hingga kali Dengkeng ini, BPBD Klaten dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana, seperti banjir dan longgsor. Sehingga kita tahu berapa jumlah tanggul-tanggul yang kritis, dan ancaman apa jika terjadi banjir,” terang Sunarna, di sela-sela pelepasan di halaman BPBD Klaten, Senin (3/10).

Sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Sri Winoto, menjelaskan tim susur sungai akan melakukan penyusuran disepanjang alur sungai yang melewati kurang lebih 45 desa di tujuh kecamatan di kabupaten Klaten yang membentang sepanjang kurang lebih 40 km itu.

“Ini salah satu kajian kami untuk memberikan rekomendasi kepada Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo dan pemerintah pusat. Hasilnya berupa peta kerawanan, sehingga kedepannya ada langkah-langkah penanganan yang tepat dan tidak asal-asalan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge