0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tumpukan Sampah Terbakar, Warga Waswas

Petugas PMK memadamkan sisa-sisa api. (dok.timlo.net/agung)

Solo —  Sebuah lahan di kawasan padat penduduk di Kota Solo kembali terbakar. Lahan yang berada di kawasan Jagalan RT 01/ RW 11, Jebres tersebut terbakar lantaran menumpuknya sampah dan tumpukan daun kering yang memadati lahan tersebut.

Informasi yang dihimpun Timlo.net, Senin (3/11) menyebutkan, kebakaran yang terjadi di lahan sekitar 200 m2 tersebut sempat menggegerkan masyarakat sekitar. Pasalnya, selain menghanguskan tumpukan sampah, api juga menyambar sebuah pohon mangga yang tumbuh di lahan tersebut. Selain itu, lokasi kebakaran dengan rumah pemukiman masyarakat juga sangat dekat. Terlebih, di bagian selatan lahan tersebut terdapat rumah dengan dinding dari bambu.

“Beruntung warga cepat mengetahui lahan itu terbakar. Sehingga, warga dapat dengan cepat mengambil tindakan pencegahan,” terang salah seorang warga, Wawan (42).

Meski begitu, lanjut Wawan, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sejumlah warga langsung meminta bantuan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Solo untuk memadamkan api. Beruntung, pemadam yang datang ke lokasi langsung bertindak cepat dengan menyemprot pohon mangga yang terbakar tersebut menggunakan air.

“Kalau api yang dibawah tadi sempat diatasi warga. Namun, tadi pohon mangganya juga ikut terbakar. Dikhawatirkan, api yang terbawa angin dapat menghanguskan bagian rumah atau kawasan lainnya,” tambah Wawan.

Pantauan dilapangan, selain sampah dan daun dikawasan lahan yang terbakar itu juga terdapat kayu ranting pohon. Sementara itu, terkait dugaan asal api tersebut sejumlah warga ada yang beranggapan bahwa api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan. Namun, sebagian warga yang lain juga berasumsi bahwa panasnya suhu matahari mengakibatkan daun kering yang berada dilahan tersebut menjadi terbakar.

Dipun Kirim Ngagem Songkro

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge