0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

120 SD di Wonogiri Rusak Berat dan Sedang

Gedung SD di Wonogiri yang atapnya tak layak (dok.tumlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Sebanyak 120 sekolah dasar (SD) di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi beragam, mulai dari rusak berat dan sedang. Selain itu, gedung sekolah itu pun kurang nyaman, pasalnya kebanyakan atap gedung berupa asbes bukan genting, jadi di saat terik matahari suasana di dalam ruang menjadi panas.

Dari informasi yang diperoleh dari Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri diketahui, tahun 2014 sesuai data pemetaan, dari jumlah total SD sebanyak 786, 120 SD di antaranya mengalami kerusakan. Sementara itu perinciannya, 1922  ruang kelas yang ada, yang mengalami kerusakan berat 630, dan rusak sedang sebanyak 418 ruang.

“Untuk penanganan hal itu, kemarin kita sudah mendapat pemberitahuan dari pemerintah pusat. Dan bahkan pemerintah pusat sendiri juga sudah melakukan survei langsung di Wonogiri ini. Rencananya kerusakan itu akan kita usulkan di tahun berikutnya,” ungkap Kasie Sarana Prasarana (Sarpras) Bidang TK/SD Disdik Wonogiri Imam Sutarko, mewakili Kabid TK/SD Sri Mulyati, Senin (3/11).

Dikatakan, kerusakan yang terjadi di sekolahan tersebut beragam, namun kebanyakan pada atap bangunan yang berupa asbes. Tahun ini pihaknya mendapat bantuan rehab dari APBN dan DAK untuk rehab ruang kelas sebanyak 64 paket, yang terdiri dari 30 ruang mengalami rusak berat dan 35 ruang rusak sedang.

“Data tahun ini akan kita usulkan untuk tahun anggaran 2015 mendatang. Di antaranya untuk 323 ruang rusak berat dan 233 ruang rusak ringan akan dibiayai dari APBN, sedang sumber dana dari DAK akan membiayai sebanyak 175 ruang rusak berat dan 26 ruang rusak ringan,nanti selebihnya kita akan usulkan melalui APBD Provinsi,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge