0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Forum Komunikasi PKBM Karanganyar Dilantik

(Ilustrasi) Peserta Kejar Paket tengah mengikuti ujian di PKBM (dok.timlo.net/red)

Karanganyar —  Forum Komunikasi (FK) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) secara resmi melantik dan mengukuhkan pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kabupaten Karanganyar masa 2014-2019 di pendopo rumah dinas Bupati. Sebagai lembaga independen yang bergerak di bidang sosial kependidikan dari dan oleh masyarakat, akreditasi menjadi aspek penting untuk menambah bobot kepercayaan masyarakat terhadap PKBM.

Sebagai gambaran, di Karanganyar hingga kini terdapat 27 lembaga PKBM yang tersebar di 17 kecamatan.

“PKBM bertujuan untuk peningkatan kualitas hidup manusia dalam arti yang luas, termasuk sebagai pusat pembelajaran bisnis dan informasi. Ada 3 dimensi kegiatan di dalamnya, yakni learning, bisnis dan komunitas terprogram. 2015 nanti di Jawa Tengah ada target sebanyak 500 PKBM yang harus terakreditasi,” ujar Much Isman, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) FK PKBM Jawa Tengah. kemarin.

Dikatakan Isman, tantangan ke depan yang dihadapi akan semakin berat. Sebagai lembaga yang condong ke pendidikan non formal, mesti dapat mengkomunikasikan program-program yang ada agar dapat diterima.

“Sebagai mitra dinas pendidikan, tentunya harus dapat komunikasikan program terutama yang non formal. Maka akreditasi tiap lembaga itu nanti yang akan mempertebal kepercayaan masyarakat,” sebutnya.

Namun demikian, proses akreditasi tetap butuh mekanisme tersendiri. Dikemukakan Ketua FK PKBM Karanganyar, Bakti Sri Rahayu, terdapat beberapa penilaian yang menjadi dasar pertimbangan akreditasi lembaga oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN PNF).

“Kita nanti akan bersama-sama untuk mengajukan itu, dan targetnya 2015 mendatang harus sudah masuk semua. Penilaiannya berdasarkan 8 standar, yakni yang ada di satuan pendidikan dan di program lembaga kami masing-masing, karena di lembaga kami kan memiliki sejumlah program,” urainya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge