0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Kartu Jaminan Sosial Mulai Didistribusikan

warga mulai antri menerima kartu jaminan sosial dan kesehatan dari pemerintah (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Tiga jenis kartu jaminan sosial, yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) mulai didistribusikan pada 19 kabupaten di 9 Provinsi.

“Tahap pertama ini seratus kartu diberikan kepada setiap KK,” kata Kepala Pos Indonesia Cabang Fatmawati Jakarta selatan, Rusdi Sejak, Senin (3/11).

Rusdi mengatakan, setiap amplop yang dibagikan berisi empat jenis kartu. Pertama KIS dan KIP. Selain itu ada Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan sebuah kartu chips berupa perdana GSM salah satu provider, fungsinya untuk mencairkan dana hibah tersebut.

“Jumlah dana yang diterima Rp 400 ribu untuk dua bulan pertama. Artinya setiap bulan warga menerima Rp 200 ribu,” ujar Rusdi.

Rusdi menjelaskan, dana tersebut hanya dapat dicairkan dalam KKS. Sedangkan KIS dan KIP berbeda sendiri.

“Kalau biaya rumah sakit sudah ada KIS, sedangkan beasiswa untuk sekolah itu ada di KIP,” katanya.

Menurut Rusdi, untuk seratus kartu pertama ini pihaknya mengandalkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Namun, data itu sudah diverifikasi sebelum didistribusikan.

“Kita hanya mengirimkan data yang diterima TNP2K, jadi kita tidak bisa memilih warga yang mana saja dikirimkan kartu undangan tersebut. Kita hanya mendistribusikan lalu kemudian memverifikasi data warga,” kata dia.

Hingga berita ini diturunkan sekitar pukul 11.30 WIB, pengamatan merdeka.com di lokasi masyarakat masih antre untuk mendapatkan kartu sakti andalan pemerintahan Jokowi-JK tersebut. [cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge