0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Garap Aplikasi Co-presence, Untuk Transfer File Antar OS

(Dok: Timlo.net/ Phone Arena.)

Timlo.net—Salah satu fitur di Android 5.0 Lollipop adalah Android Beam yang mengizinkan kita mentransfer berbagai jenis file. Tapi Google sepertinya sedang menggarap sebuah produk yang akan mengizinkan transfer file antara berbagai OS (operating system) seperti Android, iOS, dan Chrome.

Sistem transfer file antar platform ini disebut Co-presence. Tapi bisa jadi nama ini akan diubah saat sistem ini resmi dirilis.

Nama Co-presence sendiri muncul di berbagai proses pembongkaran APK (jenis file aplikasi Android) dan Google mendaftarkan hak paten untuk nama ini. Sepertinya sistem ini akan dipasangkan dengan fitur Nearby yang juga sedang digarap oleh Google untuk memberikan pengguna lebih banyak pilihan dengan peralatan lain yang berada di dekat mereka. Co-presence diciptakan dengan maksud supaya peralatan Android, iOS dan Chrome bisa “berkomunikasi” satu sama lain dan mengizinkan proses transfer data, foto, arah, pesan dan konten lainnya.

Berbagai peralatan yang menggunakan OS berbeda akan menggunakan data lokasi atau Bluetooth untuk membentuk sebuah hubungan, lalu mentransfer file lewat WiFi atau WiFi Direct. Google juga dikabarkan untuk merencanakan produksi produk yang menggunakan sistem file transfer ini, tapi masih belum jelas produk apakah itu.

Sumber: Phone Arena.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge