0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Android Kalahkan iOS di Pasar Tablet

Nexus 7, Amazon Kindle Fire HDX, iPad Mini 2. (Dok: Timlo.net/ Digital Trends)

Timlo.net—Pertama, Android mengalahkan iOS di pasar smartphone, sekarang Android juga mengalahkan iOS di pasar tablet. Tablet murah Android yang membanjiri pasar tablet membuat pangsa pasar Android meningkat, walaupun Apple tetap menjadi vendor individual yang paling besar. Secara keseluruhan, pasar tablet di dunia tumbuh sebesar 11,5 persen menurut laporan dari iDC. Sebanyak 53,8 persen tablet terjual di kuartal terakhir.

Apple dengan produk tablet iPad mereka mengalami penurunan pangsar pasar dari 29,2 persen menjadi 22,8 persen. Sebagian besar pangsa pasar tablet dikuasai oleh Android, tapi IDC tidak menyebutkan angka persentasenya secara spesifik. Tablet Windows dan platform lainnya juga menyumbang dalam angka penjualan tablet. Samsung memiliki 18,3 persen pangsa pasar di pasar tablet di seluruh dunia, tapi perolehan Samsung turun karena tahun sebelumnya mereka memiliki 19,3 persen pangsa pasar.

Yang mungkin bisa menghibur Tim Cook dan rekan-rekannya di Apple adalah sekalipun iOS mungkin kalah dari Android di pasar tablet, iPad tetap menjadi tablet paling populer dan harga tablet itu membuat Apple tetap memperoleh penghasilan yang cukup besar. “Walaupun vendor-vendor merilis tablet Android murah dan mendominasi pasar, tapi vendor populer seperti Apple tetap menghasilkan lebih banyak uang,” kata Jitesh Ubrani, analis peneliti senior di IDC.

Sumber: Digital Trends.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge