0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Jateng Gelar Evaluasi Pemilu di Solo

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Malik mmebuka Rapat Kerja Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2014 di Hotel Sahid Jaya, Solo, (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menggelar Rapat Kerja Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2014 di Hotel Sahid Jaya, Solo, Minggu-Selasa (2-4/11). Acara itu diikuti oleh 210 komisioner KPU kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Rapat Evaluasi dibuka oleh Ketua KPU Pusat, Husni Kamil Malik, Minggu (2/11) malam. Husni hadir bersama Komisioner KPU Ida Budiarti.

Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan, rapat evaluasi tersebut sebagai sarana refleksi bagi seluruh stakeholder penyelenggara Pemilu baik pemilu legislatif maupun pemilu presiden.

“Melalui rapat kerja ini kita akan melakukan refleksi seluruh stakeholder sehingga kita bisa melihat ulang yang dilakukan 2,5 tahun terakhir baik pileg dan pilpres,” ujarnya.

Sementara, Husni mengatakan bagi sebagian besar masyarakat, terkhusus penyelenggaran Pemilu 2014 pastinya menilai pemilu telah berhasil digelar. Namun, bagi beberapa kelompok masyarakat ada yang menganggap pemilu kurang berhasil.

“Salah satunya kalau ditanyakan ke caleg yang kalah, partai yang tidak punya kursi atau capres yang kalah (kemungkinan akan menjawab Pemilu kurang berhasil). Oleh karena itu, penting menjelaskan apa yang dilakukan penyelenggara pemilu baik dari mulai persiapan sampai pelaksanaan pileg maupun pilpres,” jelasnya.

Ditegaskan, Rapat Evaluasi Pemilu 2014 akan memberikan catatan-catatan selama penyelenggaraan Pemilu, baik oleh penyelenggara pemilu maupun oleh penyelenggara ad hoc. Catatan-catatan itu juga mencatat respon balik dari pihak di luar penyelenggara, baik dari pengurus Parpol, Caleg, tim sukses, pemilih, media dan masyarakat umum.

“Ini penting dicatatkan sebagai rangkaian evaluasi. Yang dievaluasi adalah prosesnya, bukan hasilnya. Evaluasi ini misalnya tentang pemutakhiran data pemilih, surat suara yang tertukar dan juga capaian-capaian positif. Jadi, evaluasi ini tidak hanya menuliskan yang negatif tetapi juga menuliskan yang positif,” bebernya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge