0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi-JK Diminta Segera Laksanakan Desentralisasi Daerah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Indonesia telah lama menghadapi persoalan sentralisasi pembangunan. Hal ini dinilai menjadi penyebab pembangunan tak merata di daerah-daerah. Sekretaris Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Yenny Sucipto pun menilai pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla harus mengubah sistem pembangunan menjadi desentralisasi.

“Daerah, kita tahu belum ada grand design desentralisasi. Grand design itu kan seharusnya masuk dalam asumsi makro ekonomi,” kata Yenny di Jakarta, Minggu (2/11).

Grand design ini berpengaruh terhadap alokasi anggaran, terutama dana transfer ke daerah. Selain itu, grand design seharusnya sudah dirancang oleh pemerintahan Jokowi-JK harus melibatkan, sekaligus mengawasi pengelolaan dana oleh pemerintah daerah.

“Paling tidak ada grand design, harusnya ada karena ini akan berimbas kepada pengelolaan keuangan daerah,” ucap Yenny.

Yenny melihat, grand design ini harus segera dibentuk, mengingat ruang fiskal untuk pemerintahan Jokowi-JK masih sempit. Oleh sebab itu, pemerintah bersama parlemen harus segera membahas APBNP agar tersedia ruang fiskal cukup bagi pemerintahan Jokowi-JK melaksanakan program-programnya, termasuk pembangunan daerah.

“Kalau mau desentralisasi harus ada ruang fiskal yang cukup bagi daerah,” tutur Yenny. [cob]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge