0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PBNU Dukung BBM Naik

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menyatakan dukungannya atas rencana pemerintah mencabut subsidi bahan bakar minyak (BBM). Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers usai Munas dan Konbes PBNU di kantor pusat PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Minggu (2/11).

Suami dari Nur Hayati Abdul Qodir itu menjelaskan alasan kenapa dirinya dan PBNU mendukung rencana pemerintah dalam mencabut subsidi BBM. Pasalnya, hal itu dinilai bisa menghindari menghambur-hamburan anggaran negara bagi sesuatu dianggap sangat mubazir.

“Kami mendukung saja kebijakan pemerintah kalau itu memang sudah seharusnya BBM dinaikkan agar bisa mengurangi beban anggaran yang jelas-jelas boros dan mubazir, jika hanya untuk bahan bakar,” kata Said Aqil di kantor pusat PBNU Jakarta, Minggu (2/11).

Said Aqil mengatakan anggaran dibutuhkan untuk mensubsidi BBM jumlahnya sangatlah besar dan memberatkan keuangan negara. Sementara nominal anggaran sebegitu besarnya, ternyata tidak menghasilkan apapun selain kemacetan dan polusi.

Sementara total anggaran lainnya seperti pembangunan infrastruktur dan masalah kesejahteraan sosial memang benar-benar secara jelas dibutuhkan masyarakat, ternyata total jumlah anggarannya masih jauh di bawah anggaran kebutuhan bagi subsidi BBM.

“Sebenarnya subsidi BBM itu memang memberatkan anggaran kalau jumlahnya sampai Rp 400 triliun lebih. Bayangkan subsidi lainnya yang untuk membangun jalan, kilang minyak dan infrastruktur lainnya hanya berapa triliun. Sementara yang hanya akan menjadi asap di kemacetan jalan sampai ratusan triliun seperti itu,” kata Said Aqil. [cob]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge