0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masih Terkendala DED

Revitalisasi Pasar Gede Digelontor Rp 2 Miliar

Kawasan Pasar Gede Solo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Revitalisasi Pasar Gede sisi Barat siap dilakukan tahun depan. Anggaran revitalisasi berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2015 sebesar Rp 2 miliar.

Meski sudah ada alokasi anggaran Rp 2 miliar, perencanaan revitalisasi masih terkendala belum selesainya Detail Engineering Design (DED)

“Desain sudah ada, namun masih ada beberapa hal yang belum selesai. Misalnya soal penempatan seluruh pedagang yang harus ditata. Kami masih akan melakukan beberapa kali rapat lagi untuk cari solusinya,” kata Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto kepada wartawan, akhir pekan ini.

Menurutnya, DED baru menampung 183 pedagang. Padahal, data menyebutkan ada 266 pedagang bakal ditata di bekas pasar ikan hias ini. Lantaran hal itu, kemungkinan sebagian pedagang digeser ke pasar sisi Timur.

“Seperti mereka yang komoditasnya daging bisa ditempatkan ke pasar Timur lantai dua,” ungkap Honda Hendarto.

Konsultan perencana, Yunanto membenarkan masih adanya kendala dalam penyusunan DED menyangkut jumlah pedagang bakal ditata.

“Idealnya memang untuk menampung 183 pedagang. Namun, kemungkinan masih ada ruang-ruang yang bisa kami optimalkan, baik di lantai satu atau dua,” jelasnya.

Dalam DED disusun, paparnya, lantai satu difungsikan untuk pedagang buah dan lantai dua untuk galeri seni, ruang public serta sejumlah kios souvenir, kelontong dan kuliner.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge