0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diusulkan Pembangunan Pengolahan Air Laut Menjadi Air Tawar di Wonogiri

(Ilustrasi) Kekeringan (dok.redaksi Timlo.net)

Wonogiri – Kekeringan yang melanda sebagian wilayah kabupaten Wonogiri mendapat perhatian serius. Bantuan air bersih yang selama ini dilakukan diklaim hanya bersifat sementara dan tidak memberi solusi tepat.

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Endang Maria Astuti mengungkapkan, kekeringan di Wonogiri bisa diatasi dengan membangun unit pengolahan air laut menjadi air tawar. Di kawasan ini sangat mendukung, sebab wilayah Wonogiri berbatasan langsung dengan laut.

Ia berjanji akan membawa persoalan ini di tingkat pusat agar menjadi perhatian pemerintah.

“Sebenarnya bisa saja, air laut selatan itu kita manfaatkan untuk mensejaterakan warga masyarakat Wonogiri ini. Jadi bukan hanya saja diolah untuk air tawar,akan tetapi bisa pula dikembangkan sebagai wahana wisata bahari,” ungkap Endang Maria Astuti saat ditemui wartawan dikediamannya,Sabtu (1/11).

Dikatakan, di parlemen dirinya nanti bakal mendorong agar sumber daya alam di Wonogiri ini dimanfaatkan agar Wonogiri tidak kekeringan lagi. Diakuinya,selama ini, usulan-usulan dari Wonogiri tentang solusi permanen bencana kekeringan di APBN banyak yang dicoret oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sejak tahun 2012 hingga tahun ini sebenarnya sudah diusulkan, namun diganti dengan usulan pengembangan infrastruktur.

Di tingkat pemerintah daerah sendiri, Pemkab Wonogiri diklaim tidak mampu membangun sarana pengolahan air laut menjadi air tawar lantaran tingginya biaya yang harus diinvestasikan. Pihaknya bakal memacu Litbang Provinsi untuk kembali melakukan kajian tentang hal itu.

“Kita berusaha usulan kita ini menjadi aspirasi di bulan Desember nanti saat reses. Kita juga sudah komunikasi dengan teman kita (anggota DPR RI-red) yang berasal dari Wonogiri, Hamid Noor Yassin dari fraksi PKS, untuk bersama-sama konsen dengan persoalan ini,” terangnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge