0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Media Massa Harus Membawa Misi Nasionalisme

Workshop Peliputan Multi Event Olahraga (Timlo.net - Tyo)

Solo – Obyektivitas dalam membuat tulisan atau berita harus sesuai fakta tanpa dibumbui sesuai adanya. Namun kemudian obyektivitas diiringi juga dengan nasionalisme bahkan fanatisme daerah.

“Obyektivitas berkembang sesuai dengan tingkat kepentingan, tanpa harus mengorbankan pihak lain,” ujar Redaktur Olahraga koran Suara Merdeka, Darjo Soyat di depan peserta Workshop Peliputan Multi Event Olahraga, di Monumen Pers, Solo, Sabtu (1/11).

Darjo mengemukakan, dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 1982 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1966 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pers seperti disebutkan dalam Pasal 2, Nomor 2, Pers Nasional berkewajiban, antara lain, Mempertahankan, membela, mendukung dan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen.

Selain itu juga memperjuangkan pelaksanaan amanat penderitaan rakyat berlandaskan demokrasi Pancasila. Juga, kata Darjo, memperjuangkan kebenaran dan keadilan atas dasar kebebasan pers, dan sebagainya.

Penjelasan dari UU No 21 tahun 1982 itu, menurut Darjo, makin menegaskan bahwa media massa bukan sekedar media perdagangan, tetapi juga membawa misi nasionalisme.

“Jadi obyektivitas yang dimaksud adalah untuk kepentingan nasional,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge