0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Desember 2014, Bumi Alami Kegelapan Total Selama 6 Hari?

Fenomena penampakan halo matahari atau cincin matahari di Wonogiri, Minggu (24/3). (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Timlo.net—Salah satu hal terbaik dari Internet adalah kecepatan dalam berbagi informasi. Sayangnya hal ini berarti semua informasi, bahkan yang palsu bisa menyebar dengan cepat. Termasuk berita bahwa bumi akan mengalami kegelapan total selama enam hari pada bulan Desember nanti.

Sebuah artikel berjudul “NASA Confirms Earth Will Experience 6 Days of Total Darkenss in December 2014” dipublikasikan di Huzlers.com. Padahal situs itu mendeskripsikan diri mereka sebagai situs yang menawarkan kombinasi dari berita mengejutkan yang nyata dan hiburan satir untuk membuat para pengunjung tidak percaya.

Menurut artikel itu, NASA mengkonfirmasi bahwa Bumi akan mengalami enam hari kegelapan total mulai dari 16 Desember hingga 22 Desember. Hal ini terjadi karena badai matahari yang menebarkan debu dan pecahan batuan ke angkasa hingga menutupi 90 persen dari cahaya matahari.

Kepala NASA Charles Bolden dikatakan sebagai orang yang membuat pengumuman ini, meminta penduduk dunia tetap tenang walaupun badai matahari ini sangat buruk (terbesar selama 250 tahun terakhir). Saat badai ini terjadi sinar matahari akan terhalang selama 216 jam.

Dalam artikel itu, ilmuwan NASA Earl Godoy berkata bahwa kegelapan total itu tidak akan menjadi masalah karena bumi bisa bertahan dengan cahaya buatan selama enam hari.

NASA sendiri masih belum mengeluarkan tanggapan resmi atas pemberitaan yang ditulis Huzlers.com. Tapi berita ini, menurut TechTimes.com adalah berita hoax atau berita bohong. Menurut situs teknologi itu, tidak akan ada kegelapan total selama enam hari pada bulan Desember mendatang.

Huzlers.com sendiri bertanggung jawab atas tersebarnya berita hoax yang menghebohkan internet. Mulai dari korban Ebola bangkit dari kematian hingga Floyd Mayweather menawarkan gaji tahunan $1 juta untuk seseorang yang membacakan tulisan untuknya.

 

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge