0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Soal Taman, Komisi II Minta DKP Gandeng Instansi Terdekat

Ketua Komisi II DPRD Solo YF Sukasno (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Jajaran Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo mempertanyakan pengelolaan taman ke depan. Ini menyusul diserahkannya pemeliharaan taman dikelola beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Alih kelola taman itu tanpa disertai pengalihan tenaga pengelola taman.

“Ada tenaga outsourcing bidang taman sebanyak 70 orang dan bidang kebersihan sebanyak 200 orang tersebar di masing-masing SKPD. Lha yang diserahkan hanya kerjaan pemeliharaan tamannya saja, tenaganya tidak. Kalau begini kan DKP akan kewalahan,” kata Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno kepada wartawan, Kamis (16/10) di ruang kerjanya.

Menurut Sukasno, beberapa taman sebelumnya dikelola beberapa SKPD di antaranya Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Tata Ruang Kota (DTRK). Pengelolaan taman itu kemudian diserahkan ke DKP. Namun, penyerahan pengelolaan taman tak disertai penyerahan tenaga selama ini mengelola taman.

“Solusinya ya mungkin DKP harus membangun komunikasi dengan instansi dan masyarakat terdekat di sekitar taman. Misalnya taman di dekat PDAM, ya pemeliharaan taman itu diserahkan ke PDAM, tetapi ini harus diformalkan. Jadi, DKP mengundang instansi-instansi terdekat dengan taman untuk diserahi pemeliharaan taman terdekat,” ujarnya.

Disinggung berapa jumlah taman di Kota Bengawan, Sukasno mengaku tak hafal. Namun demikian, jika komunikasi bisa dilakukan DKP, pemeliharaan taman di Solo dipastikan bisa tertangani.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge