0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Optimalkan A5 dan Surat Domisili

KPU Jateng Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 75%

Suasana TPS (ilustrasi) (Dok. Timlo.net/Nanang)

Sukoharjo — KPU Provinsi Jawa Tengah menargetkan partisipasi pemilih pada pemilihan umum presiden (Pilpres) 2014 ini mencapai 75 persen.

Ketua KPU setempat, Joko Purnomo mengatakan, jika kemarin saat pemilihan umum legislatif (Pileg) target pemilih kurang satu persen, diharapkan pada Pilpres mendatang target itu dapat terpenuhi.

“Target partisipasi pemilih di Jawa Tengah minimal 75 persen. Sama dengan pemilu kemarin. Namun, kemarin kurang satu persen terpenuhi,” ujarnya, saat berkunjung di KPU Sukoharjo, Sabtu (5/7).

Joko menuturkan, jika faktor terbesar tidak terpenuhinya target partisipasi pemilih pada pemilu  banyak warga Jawa Tengah merantau ke luar daerah. Untuk itu, pihaknya mewaspadai banyaknya peminta formulir A5 karena banyak warga perantau tak bisa memberikan hak pilihnya di tempat tinggal masing-masing.

“Kami waspadai banyaknya peminta A5 yang masih berduyun-duyun hingga saat ini. Mereka rata-rata tidak dapat tiket mudik saat Pilpres. Kebanyakan tiket mudik mereka sekalian pada saat Lebaran,” tutur Joko.

Sementara itu, pihaknya juga menemukan sejumlah persoalan di wilayah Banyumas dan Purwokerto. Di wilayah itu tak sedikit mahasiswa ingin menggunakan hak pilihnya, namun tidak terdaftar.

“Di Banyumas dan Purwokerto karena waktu habis tidak memungkinkan mereka didata untuk daftar pemilih khusus. Mereka nanti hanya dimungkinkan didaftar dalam daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb), tetapi dengan syarat menggunakan KTP dan hanya boleh menggunakan hak pilihnya di TPS tempat tinggal. Maka saat ini kami koordinasi dengan aparat pemerintah, kalau misalnya sudah lama berdomisili di situ kan ada surat domisili. Itu nanti bisa digunakan,” bebernya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge