0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ponpes Walisongo Gelar Khitanan Massal

Khitanan massal di Ponpes Wali Songo Sragen (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Memeriahkan acara haflah akhirussanah, Pondok Pesantren (Ponpes) Wali Songo, Karangmalang, Sragen menggelar berbagai kegiatan. Selain kegiatan bernuansa religi, Ponpes ini juga menggelar kegiatan sosial khitanan massal yang diikuti puluhan peserta.

Pengurus Ponpes Wali Songo, Dwijo Purnomo mengungkapkan selain menaungi mualimin bagi para santri yang khusus mondok, Yayasan Ponpes Walisongo juga menaungi sekolah integral meliputi SD, SMP dan SMK Wali Songo. Adapun untuk 2014 ini, merupakan kelulusan siswa SD angkatan pertama.

“Sebagaimana komitemen dan program pengelola yayasan, siswa yang lulus sekolah dasar dipastikan telah hafal Juz Amma,” kata Dwijo.

Sementara untuk menyemarakkan acara haflah akhirussanah dan tasyakuran kelulusan, para santri menggelar berbagai kegiatan di antaranya lomba baca kitab kuning, serta kegiatan sosial seperti bagi-bagi sembako dan khitanan massal.

“Khitanan massal diikuti lebih dari 60 peserta. Selain dari kalangan anak yatim piatu, peserta khitanan juga berasal dari kalangan dhuafa dari berbagai kecamatan,” jelasnya.

Penanggung jawab, sekaligus Pengasuh Ponpes Walisongo, Ma’ruf Islamuddin, mengatakan acara khitanan massal dihadiri 60 peserta dari seluruh daerah Kabupaten Sragen. Seluruh peserta juga diberi obat untuk membantu penyembuhan.

Selain melibatkan sejumlah santri, kata dia, dalam berbagai kegiatan pihak Ponpes juga mengandeng sejumlah lembaga dan komunitas. Di antaranya komunitas Sragen Berjamaah.

Pendiri Sragen Berjamaah, Bayu Prasetyo, menyatakan kegiatan ini merupakan aksi sosial yang dilakukan Sragen Berjamaah, terutama ditujukan pada kaum dhuafa. Pihaknya juga menggandeng para donatur untuk mendukung kegiatan khitanan massal dan kegiatan sosial lainnya.

“Kami dan beberapa donatur mendukung acara ini. Donatur yang bergabung bersama kami bukan hanya berasal dari Sragen, melainkan juga dari seluruh Indonesia,” kata Bayu.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge