0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polsek Sambirejo Amankan 60 Gelondong Kayu Hasil Ilegal Logging

Kapolsek Sambirejo, AKP Kabar Bandianto menunjukkan kayu gelondongan hasil illegal logging di kawasan Gunung Tunggangan, Kecamatan Sambirejo, Senin (5/5). (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Aparat Polsek Sambirejo, Sragen berhasil mengamankan 60 kayu gelondongan hasil ilegal logging yang siap angkut di hutan Gunung Tunggangan, Kecamatan Sambirejo, Senin (5/5).

Pengamanan kayu tersebut tidak lepas dari adanya patroli yang dilakukan Polsek Sambirejo dan hasil laporan masyarakat tentang adanya praktek ilegal logging di kawasan tersebut pada Jum’at dan Sabtu sebelumnya. Namun, pencurian kayu berumur puluhan tahun itu sendiri diperkirakan terjadi sepekan lalu.

Kapolsek Sambirejo, AKP Kabar Bandianto, mewakili Kapolres Sragen AKBP Dhani Hernando mengatakan, setelah pihaknya menemukan 60 kayu gelondongan jenis Sonokeling saat melakukan patroli, pihaknya langsung menghubungi pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah untuk memastikan adanya illegal logging. PIhaknya lantas juga mengajak polisi khusus (Polsus) kehutanan untuk melakukan patroli bersama.

“Informasi kami terima hari Sabtu. Itu lokasinya beda-beda. Mungkin kejadiannya sekitar satu minggu sebelumnya, karena Polsus sendiri juga terbatas jumlahnya. Tahunya illegal karena ada di kawasan KSDA. Polsus lantas kita ajak patroli bersama,” kata AKP Kabar Bandianto ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (5/5).

Kayu gelondongan tersebut kemudian diamankan di Kantor Polsek Sambirejo untuk pengusutan lebih lanjut. AKP Kabar menjelaskan kayu Sonokeling tersebut sudah dipotong-potong oleh pelakunya menjadi 60 gelondongan masing-maing sepanjang 80 centimeter dengan diameter 40 centimeter. Setelah diselidiki kayu itu berasal dari 14 batang pohon. Sedangkan usia pohon itu sendiri diperkirakan antara 20 hingga 30 tahun. Sementara itu dari hasil penyelidikan illegal logging itu dilakukan lebih dari satu orang mengingat sulitnya lokasi untuk dijangkau oleh kendaraan.

“Diperkirakan ada beberapa orang, karena sulit sekali untuk membawa kayu itu dengan kendaraan. Kendaraan tidak bisa sampai ke sana. Jarak dengan kendaraan diparkir sekitar 2 kilo meter dari lokasi pencurian,” kata Kapolsek.

Editor : Abednego Afriadi

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge