0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

KPU Wonogiri: 700 Lembar Surat Suara Rusak

(Ilustrasi) Melipat Surat Suara. (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Wonogiri — Hasil dari penyortiran dan pelipatan kertas surat suara oleh KPU Wonogiri sejak Sabtu (1/3) hingga Minggu (2/3), ditemukan sekitar 700 lembar surat suara rusak.

Sekitar 300 lembar kertas surat suara rusak saat penyortiran pertama pada Sabtu (1/3). Sedangkan 400 lembar rusak ditemukan saat penyortiran pada Minggu (2/3). Angka itu diperkirakan masih berjalan, mengingat baru 700 ribu lembar yang disortir, dari sekitar 3,6 juta lembar kertas surat suara untuk Wonogiri.

“Kemarin, kami menemukan ada sekitar 300 lembar yang rusak. Hari ini tadi ada sekitar 400 lembar surat suara yang rusak. Total, yang
kami sortir sudah sekitar 700 ribu lembar,” kata Matnawir, Ketua KPUD Wonogiri.

Sedang mengenai kerusakan yang ditemukan, Matnawir menjelaskan, kerusakan pada kertas surat suara yang dinyatakan tidak layak untuk dipakai dalam Pemilu diantaranya, potongan surat suara tidak simetris atau miring, sobek dan gambar Caleg tidak sempurna akibat proses cetak dan pengepakan.

“Semua surat suara yang rusak akan kita kembalikan, dan minta penggantinya. Sortir juga kita lakukan lagi pada surat suara pengganti kalau ada yang rusak lagi ya kita minta ganti lagi,” tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge