0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kecanduan Game Flappy Bird, Metode Cheat dan Hack Bermunculan

Flappy Bird. (Dok: Timlo.net/ CNET)

Timlo.net—Game Flappy Bird adalah game baru di iPhone dan Android dengan tujuan dan kontrol yang mudah. Tapi banyak orang menggambarkan game ini sebagai permainan yang adiktif dan membuat frustasi.

Situs Gotta Be Mobile mewawancarai konselor dan pekerja sosial untuk mengetahui kenapa game ini bisa sangat adiktif dan bisa membuat orang terus memainkan game ini. “Ada sebuah kontroversi apakah orang bisa kecanduan game, karena permainan memiliki hadiah positif, dan bukan hadiah yang merusak seperti alkohol atau obat terlarang,” kata narasumber.

Kebanyakan orang mengeluh setelah memainkan game ini. Mereka mengatakan bahwa game ini sangat adiktif dan mengeluhkan skor yang rendah. Selain menyebabkan kecanduan, game ini juga menimbulkan rasa galau. Hal ini menyebabkan banyak orang merancang sistem cheat dan hack untuk mendapatkan skor tinggi di game Flappy Bird.

Dengan sistem cheat (cara curang) dan hack (pembobolan sistem)  ini para pengguna di iPhone dan Android bisa mendapatkan skor tinggi tapi palsu. Salah satu metode hack Flappy Bird membuat para pemain bisa menyentuh layar sehingga sang burung tetap terbang tanpa ada pipa menghalangi sehingga mereka bisa mencetak skor tinggi.

Video game berdasarkan sistem reward, Anda meraih sebuah level, Anda membuka kunci untuk mendapatkan fasilitas baru dan diberi hadiah, poin dan skor tinggi. Hal ini mendorong perilaku yang berulang. Game adalah operant conditioning (perilaku yang mendapatkan penghargaan akan terus diulang). Dan saat teman-teman Anda memberikan selamat untuk pencapaian Anda yang hebat, Anda mendapatkan status sosial, penerimaan dan sebuah peningkatan terhadap rasa percaya diri. Hal ini akan mendorong Anda mengulang perilaku yang sama,” kata Rae Staton, seorang pekerja sosial.

Selain itu adrenalin dan pelarian adalah dua hal lain yang menyebabkan orang kecanduan game ini. “Video game seperti kegiatan menyenangkan lainnya bisa memicu produksi adrenalin, yang bisa membuat Anda merasa kuat. Selain itu Anda juga mengeluarkan endorfin yang bisa muncul dari perasaan sukses atau perasaan telah mencapai sesuatu seperti saat Anda memainkan game. Hal ini memperbaiki apa yang Anda rasakan terhadap diri sendiri, dan oleh karena itu Anda ingin terus memainkan game yang sama,” terang Staton.

“Video game juga merupakan sebuah pelarian yang baik. Tidak mungkin kita bisa naik ke level selanjutnya atau bermain game dengan baik sementara kita berbicara pada orang lain atau memikirkan hal lain. Bermain game adalah sebuah kesempatan yang sempurna untuk melarikan diri dari stress yang ada di luar permainan ini,” tambah Staton.

Flappy Bird adalah game gratis untuk iPhone dan Android yang populer beberapa minggu ini dan terus mendominasi daftar game teratas di iPhone dan Android.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge