0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mengenal Sosok Nabi Khongcu

Solo — Sosok Nabi Khongcu merupakan teladan dan panutan bagi pemeluk atau umat agama Khonghucu. Nabi yang lahir dari pasangan Jenderal Khong Siok Liang Hut dan Bunda Gan Tien Tjay tersebut lahir tanggal 27 Bulan 8 Imlek 551 SM.

Pengurus Majelis Agama Khonghucu Indonesia (Makin) Solo, Adjie Candra mengatakan, nama asli Nabi Khongcu adalah Khong Khioe alias Tiong Nie. Putra kedua dari 9 kakak wanita dan 1 kakak laki-laki. Karena suatu sebab, kakak laki-lagi beliau tidak ingin menikah.

Hal tersebut membuat Khong Siok Liang Hut bersedih. Pasalnya keturunannya dari Marga Khong akan putus hanya sampai pada generasinya. Oleh karena itu, Khong Siok Liang Hut bersama istri tercintanya selalu mendaki dan bersujud di Bukit Nie memahon kepada Tuhan agar dikaruniai anak laki-laki sebagai penerus generasinya.

“Ceritanya sekitar ribuan tahun yang lalu. Di dataran China ada sepasang keluarga yang ingin memiliki keturunan laki-laki sebagai penerus marganya. Agar tidak punah di generasinya saja, setiap hari pasangan tersebut berdoa kepada Tuhan agar keinginannya terkabul,” cerita Adjie kepada wartawan, Senin (30/9) sore.

Lebih lanjut diceritakan, doa yang terus menerus dan tulus tersebut akhirnya terkabul. Lalu, muncullah Hian Thian Siang Tee (Malaikat Bintang Utara) yang membawa kabar tentang putra pasangan tersebut. Tak hanya itu, selain malaikat juga muncul seekor hewan suci (Kilin) yang memiliki ciri-ciri seperti berkepala singa, berbadan rusa, bertanduk tunggal dan bersisik yang memuntahkan kitab Batu Giok bertuliskan “putra air suci, akan menggantikan Dinasti Chiu yang telah lemah”. Setelah itu, lahirlah Nabi Khongcu

“Nabi Khongcu saat lahir sudah disertai tanda-tanda berbeda seperti pada umumnya manusia. Dirinya (Nabi Khongcu) telah ditakdirkan para dewa untuk menjadi panutan dan pembimbing umat kepercayaan Khonghucu,” terang Adjie.

Nabi Khongcu, tambah Adjie, lahir di negeri Lo dengan raja mudanya Lo Ting Kong yang merupakan wilayah dari negeri Chiu yang saat itu dipimpin oleh kaisar Chiu Ling Ong.

“Diulang tahun Nabi Khongchu ke-2564 ini, kami berharap agar terlimpah rezeki dan kemakmuran bagi umat Khonghucu dimanapun berada,” harapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge