0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Calon Dokter Spesialis Anak bakal Jalani Uji Kompetensi

Prof Dr dr Harsono Salimo SpA (K) (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Calon dokter spesialis anak dari seluruh Indonesia bakal menjalani ujian kompetensi yang digelar di Solo, tanggal 5 – 6 Oktober 2013.

“Ada sebanyak 67 calon dokter spesialis anak yang akan ikut,” jelas Dokter Spesialis Bagian Anak Subdivisi Tumbuh Kembang RSUD dr Moewardi Solo, Prof Dr dr Harsono Salimo SpA (K) kepada wartawan, di Solo, Senin (30/9).

Harsono mengatakan bahwa 67 calon dokter spesialis anak yang ikut berasal dari Medan, Yogyakarta, Jakarta, Solo, hingga Surabaya. Mereka akan diuji di Solo dan dinyatakan lulus atau tidak nantinya.

Menurut Harsono, para calon dokter spesialis anak yang telah dinyatakan lulus oleh Fakultas Kedokteran (FK) yang ada di masing – masing universitas harus menjalani ujian kompetensi dalam ujian evaluasi nasional yang digelar oleh Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia (IKAI). Uji kompetensi terlebih dulu harus dilakukan supaya bisa mengantongi izin praktik. Jika tidak uji kompetensi maka calon dokter spesialis anak tidak diperkenankan untuk praktik.

“Setelah lulus baru boleh praktik, jika tidak lulus maka baru tiga bulan lagi baru bisa ikut ujian lagi,” jelas Harsono.

Sebelum menjalani ujian kompetensi, menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran UNS, para calon dokter itu mesti mengikuti pendidikan selama delapan semester atau empat tahun dulu di masing – masing universitas. Namun hanya pusat pendidikan besar atau perguruan tinggi negeri (PTN) tertentu yang hanya bisa melangsungkannya.

“Di Indonesia ada 14 PTN yang menjadi tempat mendidik untuk para calon dokter spesialis anak. Yang di antaranya berada di wilayah Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Bali, hingga Makassar,”pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge