0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satpol PP Sukohajo Awasi 4 Perumahan Tak Berizin

Kepala Satpol PP dan Linmas Sukoharjo, Sutarmo (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo — Setelah melakukan penyegelan (penutupan) pembangunan dua perumahan di Desa Laban, Mojolaban karena tidak mengantongi izin pada Sabtu (28/9), Satpol PP kembali menarget 4 pembangunan perumahan lainnya yang juga belum mengurus perizinan.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Sutarmo mengatakan, seyogyanya pihak pengembang harus sudah mengajukan izin ke Pemkab Sukoharjo ketika mulai melakukan pembangunan. Namun pada beberapa kasus diketahui, hingga bangunan berdiri yang bersangkutan belum mengajukan ijin.

Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada para pengembang untuk mengajukan izin terlebih dahulu sebelum mulai mendirikan bangunan. Pihaknya akan menindak tegas pelanggaran yang dilakukan. Jika upaya persuasif tidak digubris, maka dilanjutkan dengan peringatan dan perintah pembongkaran.

“Ada empat perumahan lagi yang kita monitor. Kita awasi mereka belum mengajukan izin. Yang jelas ada di wilayah Sukoharjo, Kartasura juga ada,” ujar Sutarmo Senin (30/9).

Sutarmo menambahkan, selain karena telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda), pengurusan izin juga dapat memperlancar proses usaha. Pasalnya, seperti terjadi pada usaha properti, permasalahan ijin akan menghambat proses balik nama dari managemen perusahaan ke konsumen.

“Kalau sudah seperti itu kan kasihan pembelinya. Mereka terancam tidak dapat balik nama karena permasalahan ijin. Jelas masyarakat pembeli yang dirugikan. Maka kami berharap, meski Sukoharjo welcome dengan investor, namun bisa tertib sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge