0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sopir Pemadam Kebakaran Solo Dilatih Penanganan Bencana

(Ilustrasi) Simulasi pemadaman kebakaran di Solo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Sebanyak 13 sopir Pemadam Kebakaran (PMK) di Solo bakal diikutkan dalam pelatihan penanganan bencana. Dengan pelatihan itu, petugas PMK akan memperoleh sertifikat penanganan bencana.

Kepala Bidang (Kabid) PMK Solo, Eko Nugroho mengatakan 13 sopir PMK nantinya tidak hanya bertugas sebagai sopir tetapi juga akan bertugas di bidang lain terkait penanganan bencana. Dengan diberi pelatihan skill mereka dalam penanganan bencana diharapkan dapat bertambah.

“Tugas mereka selama ini tidak hanya sekadar menyetir kendaraan pemadam. Tapi juga membantu pemadaman api di lokasi bencana. Dengan diikutkan pelatihan nanti, keahlian mereka akan ditambah,” katanya kepada wartawan, Senin (30/9).

Pelatihan itu, lanjut Eko, akan dilakukan oleh salah satu perusahaan swasta di bidang pelatihan kebencanaan yang sudah mendapat lisensi dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker)

Lebih jauh, setelah mendapat sertifikasi, kesejahteraan 13 sopik PMK ini juga akan berubah. Nantinya, honor petugas PMK tersebut tidak lagi mengacu pada besaran Upah Minimum Kota (UMK). Besar honor akan disesuaikan dengan standar keahlian yang mereka miliki. Mereka juga mendapat jaminan kesehatan dan keselamatan kerja, sehingga tidak was-was dalam menjalankan tugas yang penuh risiko.

Eko menambahkan, tenaga outsourcing yang bertugas di PMK, saat ini masih terikat dengan perusahaan penyedia jasa yang merekrut mereka. Artinya, Pemkot tidak bertanggung jawab secara langsung, karena mereka terikat kontrak dengan perusahaan penyedia jasa tenaga kerja tersebut.

Namun pada 2015, para tenaga outsourcing di PMK rencananya mereka akan terikat kontrak dengan Pemkot. “Mereka nanti akan dikontrak langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Ini setelah mereka mendapat sertifikasi keahlian penanganan bencana,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge