0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan SMAN 8 Solo Cacat, DPRD akan Klarifikasi

Sidak Komisi IV di pembangunan proyek SMA 8 Solo (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo —  Lantai satu proyek pembangunan SMAN 8 Solo diketahui cacat berupa cor yang mengalami penurunan. Cacat tersebut membuat lantai satu terlihat tidak lurus. Komisi IV DPRD Solo akan meminta klarifikasi atas cacatnya bangunan tersebut.

Hal itu diketahui dari inspeksi mendadak (Sidak) Komisi IV DPRD terhadap sejumlah pembangunan bangunan sekolah, Senin (30/9).

Ditemui di lokasi proyek, Asisiten Pelaksana CV Insan Persona, Andi Suharjanto mengakui adanya penurunan dak lantai satu. Penurunan itu karena penurunan tanah yang menyebabkab tiang penyangga cor ikut turun saat dilakukan pengecoran.

“Penurunannya sekitar 3 cm. Nanti akan kita luruskan lagi dengan membuat kolom bantuan kemudian kita cor lagi,” kata Andi kepada wartawan, Senin (30/9).

Andi memastikan, penurunan tersebut tidak membahayakan. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya siap bertanggung jawab. Evaluasi proyek baik dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan pengawas dilakukan setiap minggu.

Disampaikan, masa pengerjaan proyek yang dibiayai APBD 2013 ini dilakukan selama 190 hari. Saat ini, proses pembangunan sudah mencapai 50 %. Meski ada kendala penurunan lantai satu, pihaknya optimis proyek dapat diselesaikan tepat waktu.

“Proyek ini mulai sebelum lebaran kemarin. Memang sempat terlambat karena saat lebaran kita tidak bisa mendapatkan material. Tapi saat ini sudah 50 %. Schedule kita satu bulan ke depan selesai,” jelasnya.

Sementara, Anggota Komisi IV, Reny Widyawati mengatakan pihaknya akan melakukan klarifikasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), DPU dan Perencanaan atas terjadinya penurunan lantai.

“Akan kami klarifikasi dulu. Kok bisa bangunan bisa tidak sejajar. Kalau pemborong mengatakan struktur tanah yang bergerak, ya harusnya sudah diantisipasi,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge