0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun 2014 akan Dilabelisasi

Monumen Pers Nasional Diduga BCB

Pameran pers perjuangan di Monumen Pers Nasional (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Labelisasi terhadap benda cagar budaya (BCB) di Kota Solo terus berlanjut pada 2014 mendatang. Pemkot tengah melakukan inventarisasi sejumlah bangunan yang diduga BCB untuk diberi labelisasi pada tahun depan.

Sebelumnya, sebanyak 69 obyek BCB telah dilabelisasi melalui SK Walikota No. 646/116/I/1997 yang direalisasikan tahun 2012 lalu. Kini, masih ada sejumlah bangunan lain yang diduga BCB yang akan diusulkan tahun depan.

“Ada sekitar 80 bangunan yang diduga BCB yang akan dilabelisasi,” kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Endah Sitaresmi Suryandari kepada wartawan, Senin (30/9).

Dari sejumlah obyek yang diduga BCB tersebut di antaranya Monumen Pers di Banjarsari, Stasiun Kota di Sangkrah, dan sejumlah lokasi lain. DTRK tengah melakukan melakukan inventarisasi sejumlah obyek yang diduga BCB di seluruh Kota Solo.

Sesuai dengan UU no. 11/2010 tentang Cagar Budaya, Pemkot akan mengupayakan pemberian insentif berupa keringanan ataupun pembebasan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Namun pemberian insentif saat ini belum bisa dilakukan, mengingat belum selesainya pembahasan Peraturan Pemerintah (PP) di tingkat pusat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge