0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

31 Desa Jadi Uji Coba Kartu Raskin Metode Penawaran

Rakor Raskin di Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Sebanyak 31 desa dan kelurahan di Wonogiri dijadikan lokasi uji coba penggunaan kartu Raskin (beras untuk keluarga miskin) metode penawaran. Ke depan, pengelolaan Raskin akan melibatkan masyarakat langsung.

Tim Pengawas Lembaga Mitra Samya wilayah Jateng dan Yogya, Heri Sutarto, mengungkapkan, perlu dilakukan uji coba untuk menemukan metode terbaik dalam pendistribusian Raskin. Soal uji coba ini mengacu kepada surat Sekretaris Eksekutif

TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) Kementerian Sekretariat Negara nomor B-491/Setwapres/D-3/TNP2K.03.05/09/2013 tanggal 11 September 2013.

“Kartu Raskin sebagai alat kontrol. Kemudian koordinator penawaran penyalur Raskin sudah ada pada 31 desa dan kelurahan tersebut. Nanti koordinator akan melakukan pengelolaan tentang mereka yang berminat menjadi penyalur melalui lelang. Pemenang lelang akan mendistribusikan Raskin selama satu tahun,” ujar Heri Sutarto dalam Rakor di Ruang Humas Setda Wonogiri, Senin (30/9).

Nantinya, lanjut dia, pemenang lelang berhak mendistribusikan ke RTS (Rumah Tangga Sasaran). Soal harga juga akan mereka tentukan berdasarkan kesepakatan dari masyarakat.

Sementara Asisten Setda Bambang Haryadi meminta perlu adanya pengawasan atas rencana uji coba tersebut. Pasalnya sangat memungkinkan timbulnya gejolak.

“Uji coba dilakukan di 8 kecamatan mulai bulan depan,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge