0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2014, Jakarta Macet Total, Polda Siapkan Kebijakan Ekstrem

Kemacetan di Jakarta (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Polda Metro Jaya menilai, jika tidak ada kebijakan ekstrem untuk mengatasi kemacetan, maka diperkirakan jalanan ibu kota akan mengalami macet total pada 2014.

Padahal, sebelumnya kelumpuhan lalu lintas di Jakarta ini diramal baru akan terjadi pada 2020 mendatang.

“Kalau melihat pertumbuhan kendaraan sekitar 700 per hari, maka kami prediksi 2014 jalan di Jakarta sudah stuck (macet parah),” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, di Jakarta, Senin (30/9).

Pembatasan kendaraan pribadi, dinilai Rikwanto satu kebijakan yang paling ampuh untuk menekan volume kendaraan yang turun di jalanan.

“Tetapi, kalau hanya bicara tapi tidak mengeluarkan kebijakan yang bagus maka kemacetan bukannya berkurang tapi semakin parah,” ucapnya.

Untuk itu, Rikwanto tidak menyalahkan para produsen mobil yang menargetkan angka penjualan hingga 1 juta unit per tahun. Karena sampai kini belum ada regulasi yang melarang penjualan atau kepemilikan kendaraan.

Kebijakan pajak progresif pun rupanya masih belum menyurutkan masyarakat untuk menambah jumlah kendaraan mereka.

“Terkait hal itu, maka, kami juga telah melakukan kajian kebijakan-kebijakan yang cukup ekstrem untuk mengurangi kemacetan di Jakarta,” ucapnya.

“Saat ini, kami masih lakukan pembahasan kebijakan mana paling tepat untuk mengurangi kemacetan.” tandasnya. Namun, Rikwanto belum mau membocorkan kebijakan yang dimaksud. [mtf]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge