0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Merti Deso di Mojosongo, Gunungan Tahu-Tempe Jadi Rebutan

Mersik Deso di Mojosongo. (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Ribuan warga Mojosongo, Jebres, Solo, mengikuti Kirab Budaya Merti Deso, Minggu (29/9) sore. Kirab yang dimulai pukul 15.30 WIB tersebut dimulai dari Lapangan Mojosongo hingga sisi utara bantaran Kali Anyar.

Tampak, rombongan perangkat kelurahan terlihat khusyuk mengawal puluhan gunungan uborampe Larung Sukerto. Di antaranya, potongan kuku dan rambut yang akan dilarung kemudian diikuti gunungan nasi putih, ingkung sepasang, buah buahan dan jajan pasar

“Nilai dari kegiatan ini kan untuk membersihkan desa, juga membersihkan diri dari segala kotoran baik lahir maupun batin. Makanya nanti disimpokan dengan Larung Sukerto. Dengan melarung potongan kuku dan rambut,” tutur Lurah Mojosongo, Agus Triyono kepada wartawan.

Katanya, pada kirab ini pihaknya menyuguhkan beberapa sentuhan baru. Di antaranya wayang sak kotak, dimana warga menampilkan tokoh wayang orang lengkap sejumlah 80 tokoh pewayangan. Selain itu warga juga membuat gunungan tahu dan tempe untuk diperebutkan seusai kirab tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge