0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mangut Kepala Ikan, Gurih Manjakan Lidah

MANGUT KEPALA IKAN-Menu mangut kepala ikan, salah satu jenis hidangan yang banyak dibutu penikmat kuliner ()

Solo – Bicara tentang kuliner pasti tak ada habisnya. Apalagi dengan tuntutan selera masyarakat masa kini, semakin banyak variasi makanan yang hadir di setiap tempat mulai dari warung kaki lima hingga hotel bintang lima.

Salah satu santapan nikmat yang banyak diburu para penikmat kuliner, yakni mangut ikan. Di Kota Solo, sajian istimewa ini bisa ditemui di sejumlah tempat. Penikmatnyapun tak hanya dari masyarakat lokal, namun juga kalangan wisatawan yang kebetulan sedang singgah.

Melihat tingginya respon penyinta kuliner, salah satu hotel berbintang tiga di Kota Bengawan, Ibis Solo pun mencoba menyajikan hidangan Mangut Kepala Ikan di restoran hotel setempat. Berbeda dengan sajian serupa di tempat lain, di Ibis Solo masakan yang memiliki cita rasa khas ini dibuat dengan bahan utama kepala kakap merah.

Chef hotel setempat, Lilis Wahyudi, meramunya dengan beragam bumbu rempah seperti  daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk dan beberapa bumbu tradisional khas Indonesia. Ikan yang digunakanpun sengaja dipilih kakap merah lantaran jenis ikan ini memiliki daging cukup banyak.

Sementara dalam proses memasaknya kepala ikan digoreng terlebih dulu lantas disiram dengan kuah bumbu kuning. Kuah ini terbuat dari kuah ikan dan bumbu rempah-rempah, sehingga menghasilkan rasa segar dan gurih yang akan memanjakan lidah para pemburu kuliner.

Menurut Lilis Wahyudi, menu Mangut Kepala Ikan ini sangat pas disantap saat siang maupun malam hari. Adapun untuk menambah kenikmatan, kuliner tersebut lebih cocok disajikan bersama lalapan dan kerupuk. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya ?



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge