0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Idul Adha, Petugas Pasar Hewan Jatinom Awasi Kesehatan Sapi

Periksa kesehatan sapi. (Dok.Timlo.net/ Rori)

Klaten — Menjelang Idul Adha 1434 H, petugas di pasar hewan Jatinom, Klaten terus melakukan pengawasan kesehatan terhadap ternak sapi yang diperjualbelikan. Pengawasan yang dilakukan petugas juga tidak mengenal hari libur, Minggu (29/9), petugas teknis pasar hewan Jatinom tetap melakukan pengawasan terhadap sapi-sapi di Pasar Jatinom.

Pengawasan di pasar yang buka setiap pasaran Legi itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya ternak sapi berpenyakit, namun tetap diperjualbelikan di pasar. Pengawasan dilakukan petugas dengan menyisir sapi yang diperjualbelikan di pasar.

Tidak hanya mengawasi saja, namun petugas juga memeriksa kondisi kesehatan sapi dengan cara melihat kondisi fisik sapi mulai dari kondisi mata, mulut dan postur tubuh sapi.

Petugas Teknis Pasar Hewan Jatinom, Basuki, mengungkapkan, pengawasan terhadap sapi jantan yang diperjualbelikan di pasar sengaja dilakukan untuk mengantisipasi adanya sapi yang terindikasi berpenyakit namun tetap diperjualbelikan.

“Jika ada sapi yang ditemukan terindikasi berpenyakit, sapi tersebut langsung diminta dikarantina dan tidak boleh dijualbelikan. Hanya saja hingga saat ini petugas belum menemukan sapi yang berpenyakit,” ujar Basuki kepada Timlo.net.

Basuki menambahkan biasanya penyakit yang paling banyak ditemukan petugas adalah penyakit scabies atau penyakit kulit, namun saat musim kemarau seperti saat ini umumnya penyakit scabies minim diderita sapi.

Meski hingga saat ini petugas belum menemukan sapi di pasar Jatinom yang terindikasi berpenyakit, namun pengawasan akan terus dilakukan petugas hingga hari Raya Idul Adha mendatang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge