0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Jadi Lirikan Perbankan Syariah

STAN BSB-Stan Bank Syariah Bukopin (BSB) dalam gelaran iB Vaganza di atrium Solo Grand Mall (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Kian dinamisnya laju perekonomian Kota Solo rupanya telah membuat pergerakan industri perbankan tumbuh pesat. Tak hanya bank konvensional saja yang belakangan ekspansif mengembangkan jaringannya di kota ini, namun bank syariahpun turut melirik Solo sebagai basis pengembangan bisnis.

Berbicara tentang perbankan syariah, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Ismet Inono, mengatakan peluang pasar bank syariah untuk eksis di Kota Bengawan sangat besar. Mengingat sejauh ini penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) alias simpanan masyarakat memperlihatkan tren pertumbuhan positif.

Hal itulah yang akhirnya memikat minat kalangan investor untuk mengembangkan lini bisnisnya di Solo. Jika melihat berkas perizinan yang masuk ke meja Bank Indonesia (BI), saat ini sudah antre beberapa lembaga perbankan syariah yang hendak beroperasi di kota yang sempat dipimpin Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Tercatat baru Bank Victoria Syariah saja yang telah mendapat persetujuan BI untuk beroperasi dalam waktu dekat. Ismet Inono mengungkapkan, izin bank yang telah memiliki beberapa kantor cabang pembantu yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Serang, Bandung, Cirebon, Tegal dan Denpasar tersebut sudah keluar.

“Sekarang Bank Victoria Syariah sudah mau buka. Izinnya sudah keluar terus nanti ada beberapa (bank syariah) lagi yang masih dalam proses,” katanya, Minggu (29/9).

Terkait jumlah dan nama-nama bank syariah lain yang hendak buka cabang di Solo ini, Ismet Inono masih enggan mengungkap dengan alasan berkas perizinan saat ini tengah dalam proses BI.

“Saya nggak bisa menyebutkan karena itu kan masih berproses. Jadi sementara ini peminat sudah ada beberapa dan sedang kami proses,” ucap dia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge