0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, Obat Nyamuk dari Kulit Jeruk

jeruk. (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri — Nyamuk merupakan binatang penyebar penyakit yang menjadi musuh manusia. Maka sangatlah wajar jika ada orang berkata ‘nyamuk-nyamuk nakal’, memang nakal beneran, karena suka nggigitin orang.

Berbagai upaya dilakukan untuk membasmi nyamuk, supaya penyakit yang dibawanya tak menyebar. Salah satu upaya tadi adalah dengan menggunakan obak nyamuk.

Banyak obat nyamuk tersedia di pasaran. Mulai yang konvensional seperti model obat nyamuk bakar dan semprot, hingga obat nyamuk elektrik. Pun dengan harga bervariasi.

Namun, dengan memanfaatkan limbah tak terpakai, sebenarnya cukup mudah membuat obat nyamuk. Praktis tanpa biaya, dan juga aman bagi kesehatan.

“Gunakan saja obat nyamuk bakar dari kulit buah jeruk. Selain tanpa biaya, praktis, aman bagi kesehatan, juga berbau enak,” ujar Nur Susilowati alias Bu Nur Johar Manis, pensiunan Humas Setda Wonogiri, Minggu (29/9).

Bu Nur menuturkan, cara pembuatan obat nyamuk bakar dari kulit jeruk sangat mudah. Pertama, saat mengupas buah jeruk usahakan secara melingkar menyerupai spiral obat nyamuk pasaran. Dimulai dari pangkal buah, dan dikupas memutar menuju pucuk buah.

“Setelah itu dikeringkan. Kalau sudah kering, simpan saja. Nanti pemakaiannya persis seperti menggunakan obat nyamuk bakar itu. Jadi kulit jeruk tersebut dibakar dengan diletakkan pada tempat yang aman,” jelas dirinya.

Dirinya mengaku sudah mempraktikkan cara itu sejak lama. Selain, menghemat pengeluaran, tak ada gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari pemakaian obat nyamuk bakar dari kulit jeruk. Bau yang ditimbulkan juga sekaligus memberikan semacam aromaterapi di ruangan rumah.

Apakah Anda masih dirubung nyamuk? Ingat, jangan ditapuk, tapi gunakan kulit jeruk!!



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge