0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebiasaan Anak-anak Minum Susu di Karanganyar Rendah

Minum susu dulu. (Dok.Nanang Rahadian)

Karanganyar — Kebiasaan minum susu di kalangan anak-anak di Karanganyar masih sangat memprihatinkan. Setahun rata-rata hanya 16-17 liter peranak. Jika dirata-rata setiap hari, mereka hanya minum tiga sendok saja setiap hari. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan rata-rata anak Indonesia.

‘’Masih sangat jauh dibandingkan dengan kebiasaan anak Amerika yang minum 98 liter/tahun setiap anak. Atau Malaysia yang rata-rata 48 liter/tahun setiap anak. Kalau demikian, pantas jika taraf kesehatan anak di negara itu relatif lebih baik,’’ kata Dwi Acita Irawati.

Karena keprihatinan itulah bersama Akademi Peternakan Karanganyar (Apeka), dia membuat lembaga yang bergerak dalam bidang pengenalan dan pembiasaan minum susu bagi siswa sekolah dan anak-anak Karanganyar secara keseluruhan.

‘’Kami membuat Gerakan Membangun Seliter Susu Setiap Warga atau Gerbang Se Surga. Kami mengadakan sosialisasi dan lomba makan susu antar siswa sekolah. Sudah empat sekolah kami ajak dan rencananya akan kami gelar seluruh sekolah di Karanganyar,’’ kata dia.

Di sela-sela lomba minum susu di SMP 3 Karanganyar, sekolah setingkat SMP dengan jumlah siswa terbesar, dia mengatakan salah satu kendala tidak mau minum susu, karena rasa amis, dan juga bentuknya yang mesti cair.

‘’Karena itu kami membuat tampilan susu menjadi lain. Kami buat es lilin susu murni dengan aneka rasa. Penganan dengan bahan dasar susu, serta bentuk lainnya. Ini bisa merangsang anak-anak menggemari susu,” jelasnya.

Diharapkan dengan peningkatan konsumsi susu juga akan meningkatkan taraf hidup peternak sapi di wilayah Karanganyar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge