0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

JK: Saya Hampir Saja Tak Tepuk Tangan

Ternyata Nama Lengkap Karni Ilyas adalah Sukarni Ilyas

Wapres Jusuf Kalla (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Tidak ada yang mengetahui kalau jurnalis senior Karni Ilyas memiliki nama lengkap Sukarni Ilyas. Tidak kurang mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) baru mengetahui kalau ada kata ‘Su’ di depan nama Karni Ilyas.

“Saat disebut Doktor Sukarni Ilyas, saya sempat hampir tidak tepuk tangan. Ternyata yang disebut Sukarni Ilyas itu Karni Ilyas,” ujar JK saat diminta tanggapannya atas anugerah Doktor Honoris Causa (HC) di bidang hukum kepada Karni Ilyas, di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kampus Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (28/9).

Jusuf Kalla mengatakan, saat memandu talkshow Indonesia Lawyers Club (di TV One), Karni Ilyas sedikit otoriter. “Dalam acara itu,  (Karni Ilyas) merangkap sebagai penyidik, kadang-kadang penuntut dan hakim sekaligus. Bahkan kadang bertindak sebagai penguji,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, praktisi hukum Adnan Buyung Nasution mengaku tertarik dengan pribadi Karni Ilyas yang semasa mudanya saat masih menjadi reporter amat ingin tahu segalanya, amat ingin belajar terutama soal keadilan.

“Dia bukan sarjana hukum dalam arti formal, tetapi sarjana hukum yang dalam arti substantif. Ahli hukum itu bisa dibagi menjadi dua, pengamat dan pelaku. Nah, Karni Ilyas ini ternyata berdiri di dua-duanya. Bisa mengkombinasikan keduanya,” ujar Adnan Buyung.

Dalam acara Indonesia lawyers Club, menurut Adnan Buyung, Karni Ilyas berhasil mengangkat isu-isu hukum, terlebih lagi masalah tentang kebenaran dan keadilan yang dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mengatakan, apa yang disampaikan Karni Ilyas dalam orasi ilmiahnya pada penganugerahan gelar Doktor HC di UMS, sangat banyak manfaatnya. “Karena kita harus akui bahwa ketidaksadaran hukum ternyata banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang diuntungkan. Oleh karena itu, Doktor Karni Ilyas teruslah menyadarkan masyarakat, kita semua soal kesadaran hukum,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge