0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dr HC Karni Ilyas: Pers Berperan Sebagai Mata Rakyat

Dr HC Karni Ilyas menyampaikan pidato ilmiah di UMS (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo —  Dr Honoris Causa (HC) Karni Ilyas menyatakan, pers berperan penting dan krusial sebagai mata rakyat untuk mengawasi penyimpangan dari kesadaran hukum internal ini dan mengungkapkannya kepada publik.

“Peran sebagai pengawas, pers membuka ruang bagi dijatuhkan sanksi sosial kepada perilaku penyimpangan kesadaran hukum internal, tetapi juga memungkinkan pencapaian tujuan preventif,” jelas Karni saat menyampaikan pidato pengukuhan gelar Doktor HC di bidang hukum, pada Sidang Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang dipimpin Rektor UMS Prof Dr Bambang Setiyadi, Auditorium Djasman Al Kindi, Kampus UMS Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (28/9).

Lebih lanjut Karni menyatakan, dengan melakukan peran sebagai pengawas, pers membuka ruang bagi dijatuhkan sanksi-sanksi sosial kepada pelaku penyimpangan kesadaran hukum internal, tetapi juga memungkinkan pencapaian tujuan preventif.

Tujuannya memberikan rasa takut untuk melakukan penyimpangan dari kesadaran hukum internal, dan tujuan reformatif yakni mendorong perubahan tindakan atau perilaku menyimpang dari kesadaran hukum internal.

“Dalam mekanisme sebagai pengawas ini pers dituntut untuk memiliki kekuatan jurnalisme investigative,” jelasnya.

Tampak hadir dalam penganugerahan Dr HC tersebut, antara lain mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, mantan Kepala BIN Hendropiryono, dan Ketua Umum PP Muhammdiyah Prof Dr. Din Syamsuddin.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge