0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

SBA Dilengeserkan, Kadin Cari Calon Ketua Umum

Pengurus KADIN. ©Rumgapres/abror rizki (dok.merdeka.com)

TImlo.net — Kisruh berkepanjangan di tubuh Kamar Dagang Industri (Kadin) membuat organisasi ini langsung menggelar Rapimnas (Rapat Pimpinan Nasional) di Bali, Sabtu (28/9).

Ketua Organizing Committee (OC) Azwir Dainy Tara mengatakan, Rapimnas kali ini diikuti 30 Kadin Daerah (Kadinda) dan 20 asosiasi pengusaha.

“Ini (Rapimnas) yang terbaik, karena Kadin yang ada sudah kita bubarkan,” kata Azwir di sela persiapan Rapimnas, Sabtu (28/9) pagi ini.

Dia menjelaskan, agenda penting Rapimnas adalah menominasikan calon ketua umum menggantikan Suryo Bambang Sulisto yang sebelumnya telah dilengserkan. Suryo dilengserkan melalui mekanisme Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin yang digelar di Pontianak pada 25-27 April 2013.

Agenda Rapimnas lainnya yaitu mengkoordinasikan program Kadin ke depan. “Ini juga sangat penting karena peran Kadin saat ini hampir tidak terlihat,” ujar Azwir.

Ketua umum sementara (caretaker) Kadin Oesman Sapta Odang (OSO) mengaku, Rapimnas merupakan tuntutan dari kadin daerah karena merasa memiliki tanggung jawab untuk mendukung pertumbuhan ekonomi saat ini.

Lewat Rapimnas, kadin daerah berharap segera ada pertumbuhan di daerah. “Daerah saat ini sudah mati suri. Itu sebabnya mereka berkumpul untuk kembali membangkitkan semangat daerah,” ungkap OSO.

Seperti diketahui, Munaslub Kadin di Pontianak pada April 2013 lalu telah menetapkan OSO sebagai ketua sementara (caretaker) Kadin Indonesia. Munaslub juga meminta Oesman Sapta untuk mempersiapkan Munas VII Kadin paling lambat enam bulan sejak dia ditetapkan guna membentuk kepengurusan baru.

Munaslub juga sepakat memberhentikan Suryo Bambang Sulisto (SBA) sebagai ketua umum Kadin dan menolak seluruh pertanggungjawaban pengurus masa jabatan 2010-2015.

Sejauh ini pihak Suryo tidak mengakui Munaslub tersebut. Rapat itu dianggap ilegal dan tidak sesuai anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) Kadin. Merdeka.com mencoba mengkonfirmasi kabar ini pada Suryo Bambang Sulisto. Namun telepon genggamnya tidak aktif. [noe]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge