0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SCJ 2013 Hadirkan Cita Rasa Musik Jazz Khas Solo

Solo City Jazz di Benteng Vastenburg (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Nuansa musik jazz terasa kental mengiringi pagelaran Solo City Jazz (SCJ) 2013 yang diadakan di Benteng Vastenburg, Jumat (27/9) malam. Sejumlah musisi, baik dari dalam maupun luar Kota Solo turut memeriahkan even tahunan yang masuk kedalam calender of culture event Pemkot tersebut.

Diawali dengan pertunjukan kelompok musik asal Yogyakarta, Smoothies, langsung membawa hanyut ribuan penonton yang menyaksikan pagelaran musik jazz tersebut. Dengan membawakan sejumlah lagu, di antaranya Burung Kakak Tua, You, I’m Your’s dan Biarkan dengan aransemen musik jazz yang sangat kental.

Disusul dengan penampilan kelompok musik orchestra jazz, Kirana Big Band. Mengusung konsep permainan orchestra, mereka membawakan sejumlah lagu-lagu di antaranya Stream, Smile (Sofie), Rumah Paman (Kenny), Tea for Two (Aji), Yard Bird Suite dan (Benny Kartono).

Tak hanya menyajikan genre musik jazz semata, melainkan juga mengusung genre musik rock yang diaransemen ke dalam jazz. Seperti yang dibawakan kelompok musik AreYouAllone? (AYA) asal Jakarta. Dengan sentuhan musik jazz, sejumlah lagu, seperti Enter Sand Man (Metallica), Desember (Efek Rumah Kaca) dan Sepi (AYA). Uniknya mereka juga mengaransemen lagu campursari berjudul Stasiun Balapan ciptaan Didi Kempot ke dalam musik jazz.

Pertunjukan musik yang menginjak tahun ke empat tersebut juga menghadirkan sejumlah musisi-musisi kenamaan musik jazz Tanah Air, di antaranya Matthew Sayersz, Bintang Indrianto, Denny Chasmala, Iqbal dan masih banyak yang lain.

“Konsep dasar yang tetap dipertahankan pada Solo City Jazz kali ini adalah jazz khas dan unik yang dapat selaras bersanding dengan eksotisme Kota Solo sebagai kota budaya,” terang Wenny Purwanti, dari C-Pro, penggagas dan penyelenggaran Solo City Jazz 2013, Jumat (27/9) malam.

Sehingga apa yang ditampilkan dalam Solo City Jazz tersebut tidak akan berdiri jauh dari tanah Kota Solo seperti kekhasan pada kehidupan sehari-hari Kota Solo.

“Kita konsep seperti kehidupan masyarakat Kota Solo. Sehingga nuansa jazz yang ditampilkan juga terasa musik jazz warga Solo,” terangnya.

Solo City Jazz 2013, digelar selama dua hari mulai Jumat dan Sabtu (27-28/9) di Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah. Dalam Solo City Jazz tersebut, akan menampilkan bintang-bintang musik jazz Indonesia, seperti Mattew Sayersz, Kirana Big Band, Bintang Indrianto, Denny Chasmala, Iqbal, serta Aya band. Mereka akan tampil pada hari pertama atau saat pembukaan yakni Jum’at (27/9).

Sedangkan pada hari kedua akan menampilkan penyanyi jazz terkenal yang berasal dari Kota Solo, Iga Mawarni. Serta Michelle Kunhle, Absurdnation, Jazz Classica &Concerta, IBF Solo feat Harry Toledo, B’all Star.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge