0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Indonesia Kekurangan Perawat Gigi?

Solo — Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan, Dedi Kuswenda menyatakan bahwa saat ini jumlah perawat gigi di Indonesia masih belum ideal, terutama bila dibandingkan dengan jumlah penduduk.

“Saat ini jumlah perawat gigi di Indonesia, mencapai 13.682 orang. Sebagian besar masih berada di kota-kota besar,” jelas Dedi seusai membuka Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Perawat Gigi Indonesia (PPGI) VI di Solo, Jum’at (27/9).

Saat ini, menurut Dedi, tiga Puskesmas hanya ada satu perawat gigi. Selain itu penyebaran juga belum merata masih banyak di daerah pedalaman yang tidak memiliki perawat gigi. Untuk, lanjut Dedi, Kemenkes terus mendorong lulusan perawat gigi untuk mau ditempatkan di daerah terpencil. Apalagi saat ini, angka kerusakan gigi di Indonesia masih cukup tinggi, mencapai sekitar 70 hingga 80 persen.

“Seharusnya kesehatan gigi mendapatkan perhatian yang tinggi, karena kerusakan pada gigi bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti jantung dan penyakit lainnya,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge