0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Pengelolaan Putri Cempo, Banleg Desak Pemkot Ajukan Raperda

TPA Putri Cempo, Mojosongo, Jebres, Solo (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo – Badan Legislasi (Banleg) DPRD Solo meminta pemkot segera mengajukan rancangan peraturan daerah (raperda) yang mengatur kerjasama dengan pihak ketiga. Desakan pengajuan raperda itu menyusul keluarnya rekomendasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo.

Sebelumnya, Bappenas memberikan rekomendasi dimana pengelolaan TPA Putri Cempo menggunakan sistem insinerasi. Dengan sistem ini, TPA di Mojosongo itu akan berfungsi sebagai pembangkit listrik. Dipastikan, pengelolaan TPA nantinya akan menggandeng investor yang mampu menerapkan rekomendasi tersebut.

Wakil Ketua Banleg, Asih Sunjoto Putro mengatakan pengelolaan TPA Putri Cempo yang menggandeng pihak investor dipastikan membutuhkan Perda Kerjasama “Dalam pemaparan kemarin ada dua versi yakni pemkot membayar tipping fee atau pemkot tidak membayar sama sekali. Dua-duanya membutuhkan Perda Kerjasama,” katanya kepada wartawan, Jum’at (27/9) di DPRD Solo.

Sebenarnya, lanjut Asih, Solo sudah memiliki Perda Kemitraan Daerah. Hanya saja, dalam perda itu tidak mengatur kerjasama terkait pengelolaan sampah. Perda tersebut hanya mengatur tiga hal yaitu penyertaan modal pada pihak ketiga, pembelian surat berharga serta pendirian perusahaan.

Disinggung kemungkinan revisis Perda Kemitraan Daerah itu, Asih menyatakan hal itu mungkin untuk dilakukan. Hanya saja lebih baik pemkot mengajukan perda baru sebagai payung hukum untuk menggandeng investor dalam pengelolaan TPA Putri Cempo.

“Perda Kemitraan Daerah lebih menekankan pada kerja sama usaha antara usaha kecil menengah dengan usaha berskala besar seperti BUMD dengna prinsip saling memerlukan, memperkuat dan saling menguntungkan. Sementara, kerja sama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan sampah Putri Cempo itu lebih kepada profit oriented. Jadi lebih baik mengajukan perda baru,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge