0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

XL Akuisisi AXIS

XL ()

Solo – PT XL Axiata Tbk (XL) sepakat untuk mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia (AXIS), melalui penandatanganan Conditional Sales Purchase Agreement (CSPA) alias Perjanjian Jual Beli Bersyarat dengan Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal Investment BV (Teleglobal) yang merupakan anak perusahaan STC.

Aksi korporasi ini diharapkan dapat mendorong konsolidasi yang akan mendukung pertumbuhan industri telekomunikasi di Indonesia yang lebih sehat secara jangka panjang. Sekaligus membuat XL mampu memberikan kualitas layanan jaringan yang lebih baik kepada pelanggan.

Dalam transaksi tersebut, perseroan akan membayar nilai nominal saham yang disepakati, termasuk membayar sebagian dari hutang dan kewajiban AXIS. Kesepakatan Perjanjian Jual Beli Bersyarat itu meliputi Teleglobal akan menjual 95 persen saham di AXIS kepada XL, serta seratus persen nilai perusahaan AXIS dinilai sebesar US$ 865 juta dengan catatan buku AXIS bersih dari hutang dan posisi kas nol (cash free and debt free)

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, mengatakan dengan akuisisi AXIS, perseroan akan semakin mengokohkan posisinya di industri telekomunikasi nasional, sekaligus memperkuat performanya di layanan data mobile.

“Kami yakin seluruh pemain di industri sepakat bahwa konsolidasi harus terjadi di industri telekomunikasi. Kami berkomitmen untuk berinvestasi di generasi selanjutnya dari teknologi mobile dan mendorong tumbuh kembangnya industri telekomunikasi menjadi ekosistem yang lebih sehat,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Timlo.net, Jumat (27/9).

Akuisisi ini diharapkan bisa menjadikan XL sebagai operator layanan data yang semakin kuat dan handal, serta mampu menangkap peluang di layanan data mobile yang bertumbuh cepat. Perseroan pun akan melaksanakan integrasi dan sinergi yang terencana, berbekal rekam jejak yang solid XL dalam eksekusi dan kepemimpinannya dalam pengelolaan biaya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge