0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Samsung Galaxy Note 3 Tawarkan Fitur Multitasking yang Lebih Hebat

Galaxy Note 3. (Dok: Timlo.net/ CNET)

Timlo.net — Samsung melihat bahwa orang-orang membeli Galaxy Note karena layarnya yang besar, dan juga karena fitur multitasking dan S Pen. Jadi dengan produk baru mereka, Galaxy Note, perusahaan itu berusaha meningkatkan kualitas kedua fitur tersebut.

Galaxy Note 3 dan smartwatch Samsung Galaxy Gear diperkenalkan kepada publik kali pertama pada 5 September lalu, dalam event IFA trade show di Berlin, Jerman. Dan kemarin Kamis (26/9), kedua produk tersebut resmi dirilis di Indonesia.

Lebih besar tapi lebih ringan

Note 3 memiliki layar sebesar 5,7 inci berteknologi full high-definition, sementara pendahulunya Note 2 hanya memiliki layar sebesar 5,5 inci. Tapi walaupun memiliki layar yang lebih besar, si Note 3 ini lebih tipis dan ringan, dengan ukuran sebesar 8,3 mm dan berat hanya sekitar 168 gram, demikian tulis CNET. Ponsel ini mudah digenggam sekalipun hanya dengan satu tangan karena beratnya yang ringan. Tapi tentunya sulit untuk mengoperasikan phablet ini dengan hanya satu tangan karena ukurannya yang besar.

Layarnya terang, warna warni dan responsif. Anda bisa melakukan apapun dengan ujung jari Anda, seperti pada kebanyakan tablet. Tapi stylus S Pen memberikan lebih banyak kontrol kepada kita.

Di bawah layar yang besar itu terdapat prosesor 2,3GHz dengan memori sebesar 3GB RAM.  Tentunya dengan ukuran seperti, phablet ini memerlukan banyak daya. Samsung mengatasi hal ini dengan sebuah baterai sebesar 3.200mAh untuk memastikan Note 3 ini memiliki durasi penggunaan yang lama.

Jaringan koneksi Internet yang ada pada phablet ini adalah 4G LTE. Sementara kamera belakang sebesar 13 megapiksel dengan LED flash. Bagian belakang Note 3 terlihat casing dengan tekstur jala seolah-olah casing terbuat dari kulit. Mungkin ini adalah cara Samsung mengatasi kritik bahwa ponsel mereka memakai casing yang terlihat seperti plastik glossy yang murahan.

S Pen

Perbedaan fitur yang paling menonjol dari keluarga Note adalah S Pen, sebuah stylus mini yang tersimpan di bagian bawah phablet ini. Note 3 memperluas kemampuan dari S Pen sehingga pena ini lebih dari sekedar aksesori yang tidak diperlukan atau diperuntukkan untuk mereka yang belum terbiasa dengan layar touchscreen.

Segera sesudah Anda mengeluarkan S Pen dari lubangnya, roda Air Command akan muncul di layar. Perintah ini juga bisa dimunculkan bila kita mendekatakan S Pen ke layar dan mengklik tombol di sisi stylus. Roda Air Command ini memberikan shortcut terhadap fitur-fitur cerdas dari stylus ini.

Penggunaan paling dasar dari S Pen adalah untuk menulis sebuah catatan atau memo. Ada juga Scrapbook app di mana kita bisa menggambar sebuah kotak di obyek yang ingin kita simpan entah itu bagian dari sebuah situs, sebuah gambar, teks atau video Youtube. Anda bisa menambahkan tag-tag Anda sendiri atau membuat tulisan tangan pada masing-masing snippet.

Scrapbook ini bisa disinkronkan di antara berbagai peralatan Samsung, tapi tidak seperti aplikasi Evernote Anda tidak bisa mengaksesnya secara online.

Dengan S Finder Anda bisa mencari sesuatu di Note 3 entah itu file, musik dan foto baik dari nama maupun tanggal atau tag yang berkaitan dengan obyek tersebut. Dan Anda juga bisa mencari catatan yang “ditulis tangan” dengan stylus atau bahkan simbol-simbol yang digambar dengan alat itu.

Misalnya Anda mengetikkan kata London, S Finder tidak hanya menampilkan apapun yang berhubungan dengan kata London, tapi juga akan menampilkan foto-foto yang memiliki geotag London. Anda bisa mempesempit pencarian melalui kapan obyek yang Anda cari itu dibuat misalnya tujuh hari yang lalu, bulan lalu atau tahun lalu.

Lebih multitasking

Sebuah layar yang lebih besar berarti ruang yang lebih untuk game dan film. Selain itu Note juga menawarkan penggunaan layar besar itu untuk sesuatu yang lebih: kemampuan multitasking yang simultan. Anda akan tergoda untuk tidak hanya menggunakan satu aplikasi tapi dua atau bahkan tiga aplikasi sekaligus.

Dengan fitur Multi Window, Anda bisa membagi layar menjadi dua untuk menjalankan dua aplikasi. Dan di Note 3, lebih banyak aplikasi yang mendukung Multi Window. Anda bisa men-drag dan drop hal-hal tertentu di antara dua aplikasi. Dengan demikian kita tidak perlu lagi repot mengkopi teks, menutup aplikasi yang satu dan membuka yang lain. Dengan Multi Windows dan S Pen semua proses merepotkan ini bisa dilakukan dengan mudah.

Anda juga bisa mengatur sebesar apa jendela yang dibutuhkan untuk masing-masing aplikasi. Anda bahkan bisa membagi satu aplikasi untuk digunakan di dua jendela. Contohnya, kenapa tidak membuka beberapa browser secara bersamaan di jendela yang berbeda untuk membandingkan informasi? Atau aplikasi chat di buka di dua jendela sehingga kita bisa chat dengan orang-orang berbeda?

Bila Anda sering memakai beberapa aplikasi secara bersamaan maka Anda sekarang bisa membuat kelompok supaya bisa mengakses kumpulan aplikasi itu dengan cepat kelak. Dan tidak ada batasan berapa banyak kombinasi aplikasi yang bisa diingat oleh Note 3.

Tidak sekedar multitasking untuk satu aplikasi

Kenapa hanya menggunakan dua aplikasi saja? Kadang-kadang kita ingin menggunakan satu aplikasi dengan cepat tanpa menganggu aplikasi utama yang sedang kita buka. Jadi buka aplikasi tersebut, dan setelah menggunakannya Anda bisa menggesernya ke samping bila sewaktu-waktu Anda ingin membuka aplikasi itu Anda hanya perlu menggesernya. Dan yang lebih pintar lagi, Anda bisa melakukan hal ini kepada banyak aplikasi dan mengeser mereka.

Aplikasi seperti kalkulator, phone dialer, dan aplikasi Youtube bisa dipakai dengan cara ini. Ambil S Pen Anda, munculkan roda Air Command dan pilihlah aplikasi yang ingin Anda buka. Lalu gambar sebuah kotak atau garis di mana Anda ingin aplikasi itu muncul—dengan ukuran apapun dan di bagian manapun di layar.

Katakanlah Anda ingin membuka sebuah situs dan Anda melihat angka-angka yang perlu Anda kalkulasi. Gambar sebuah kotak untuk membuka kalkulator dan lakukan proses penghitungan di situ juga tanpa perlu menutup browser Anda. Bila Anda selesai dan berpikir akan membutuhkan kalkulator lagi selama membaca situs itu, minimize aplikasi kalkulator tersebut.

Kotak ini nantinya akan menjadi sebuah lingkaran kecil yang melayang di atas layar, bisa digeser ke manapun, dibuka lagi dan ditutup lagi. Sama seperti Chat Head kepunyaan Facebook.

Handphone Android Murah, Garansi, Klik ini

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge