0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jelang Kurban, Takmir Masjid dan Jagal Dikumpulkan

Tim Disnakkan memeriksa hewan kurban (dok.timlo.net/agung)

Wonogiri — Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri bakal memeriksa kesehatan hewan kurban mendekati Hari Idul Adha. Pemeriksaan bertujuan memastikan hewan dikurbankan sesuai pola ASUH (Aman Sehat Utuh Halal).

Mewakili Kepala Disnakperla Wonogiri Rully Pramono Retno, Kabid Kesehatan Hewan, Surip Surono menegaskan pemeriksaan akan dilaksanakan mulai pekan depan. Sasarannya, pasar hewan dan para pedagang hewan kurban dadakan di 25 kecamatan yang ada.

“Pemeriksaan untuk mendapatkan hewan yang saat dikurbankan sesuai pola ASUH. Yang diwaspadai adalah cacing hati di sapi, dan penyakit mata atau belek dan penyakit kulit di kambing. Mulai pekan depan kami adakan pemeriksaan,” ujar Surip, Jumat (27/9).

Saat melakukan pemeriksaan tersebut pihaknya juga akan mengingatkan kepada pedagang agar tidak memberikan obat cacing di hewan sapi. Alasannya, jika obat diberikan menjelang disembelih, ada kekhawatiran terdapat residu obat dalam tubuh hewan tersebut. Pemberian obat paling aman pada 4 bulan sebelum Hari Raya Idul Adha.

“Sudah kami himbau soal pemberian obat itu beberapa bulan lalu. Nanti kami akan mengingatkan kembali,” tandasnya.

Disamping pemeriksaan, pihaknya juga berencana mengumpulkan takmir masjid dan tenaga penyembelih hewan kurban atau jagal. Mereka diberikan pengetahuan lebih mendalam soal tata kelola hewan kurban yang benar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge