0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Lho! Foto Chairul Tanjung Nunjuk SBY Diunggah di Situs Presiden

Foto Chairul Tanjung menuding SBY diunggah di situs Presiden (dok.timlo.net/http://presidenri.go.id/)

Timlo.net — Foto Chairul Tanjung (CT) menunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga diunggah di situs resmi presiden, presidenri.go.id. Foto yang diambil pada 24 September 2013 itu sama persis yang beredar di media sosial.

Di bawah foto yang diunggah di situs resmi itu juga ada keterangannya. Isinya adalah “Presiden SBY dan Ibu Ani meninjau fasilitas Hotel Sofitel sebagai lokasi penyelenggaraan KTT APEC, di Nusa Dua, Bali, Selasa (24/9) siang”.

Keberadaan CT di situ karena memang posisinya sebagai Wakil Ketua Panitia Konferensi Tingkat Tinggi ke-21 Asia Pacific Economic Cooperation (APEC). Ia memberikan penjelasan kepada SBY.

Ada empat foto yang masih terangkai dalam kegiatan tersebut. Dua foto diambil di luar hotel saat CT memberikan penjelasan mengenai kesiapan Hotel Sofitel sebagai lokasi penyelenggaraan KTT APEC, di Nusa Dua, Bali. Dan satu foto lagi SBY terlihat mencoba fasilitas di Hotel Sofitel sebagai lokasi penyelenggaraan KTT APEC.

Foto CT menunjuk SBY ini sempat diragukan pengamat digital forensik. Hotland Sitorus adalah salah satunya. Menurutnya, foto CT menunjuk SBY yang beredar itu palsu. “Saya jamin kalau foto tersebut adalah hasil rekayasa, jadi itu tidak perlu dibesar-besarkan. Dapat dipastikan jika foto tersebut hasil rekayasa,” kata Hotland kepada merdeka.com, Kamis (26/9).

Menurut dosen dari Universitas Tanjungpura ini, hasil editan foto itu dilakukan pada 25 September 2013. Kemudian, setelah diedit, foto itu langsung diunggah di media sosial seperti Twitter.

“Presisi elemen gambar pada border lengan kiri tidak sama kualitasnya dengan elemen gambar tubuh CT, rekayasa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak open source gd-jpeg v1.0,” jelasnya.

Jika dilihat tangan kirinya yang digunakan menunjuk SBY terlihat tidak proporsional. “Demikian juga posisi tangan kiri yang menunjuk ke arah sisi luar kiri, tidak tepat apabila disandingkan dengan posisi badan, terutama arah wajah CT,” katanya. [has]

Sumber: merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge