0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rayakan Ultah Ke-15, Google Ajak Pengguna Kembali ke Masa Lalu

Google in 1998. (Dok: Timlo.net/ Google)

Timlo.net—Untuk merayakan ulang tahunnya yang jatuh pada tanggal 27 September, Google mengajak para pengguna untuk menjelajah waktu dan melihat bagaimana tampilan mesin pencari itu saat kali pertama diluncurkan.

Saat para pengguna membuka Google.com dan mengetik “Google in 1998” pada kolom kotak pencarian, maka dalam hasil pencarian akan terlihat bahwa situs tersebut merubah desain modern 2013 menjadi tampilan lama mereka di akhir 90-an.

Lengkap dengan sebuah tanda seru di akhir kata “Google”, website retro itu memperlihatkan bagaimana desain situs itu berubah dari semenjak mereka didirikan. Tampilan situs tersebut pada 1998 terlihat didominasi warna putih dengan logo huruf Google yang terlihat besar dan tanpa adanya iklan, demikian tulis the LA Times.

Para pengguna akan menyadari bahwa tampilan lama situs tersebut kekurangan fitur-fitur lain seperti “Images”, “Videos,” atau “News.” Hal ini mengingatkan bagaimana Google telah berkembang semenjak mereka didirikan pada 1998. Perusahaan mesin pencari itu juga sekarang memiliki Youtube, membuat smartphone dan tablet dan sedang mengerjakan kacamata canggih mereka, mobil yang bisa menyetir sendiri dan balon yang mengirim sinyal Wi-Fi.

Google dirilis sejak September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya merupakan mahasiswa doktoral di Stanford, Amerika Serikat (AS) di kala itu. Sekarang Page adalah chief executive Google dan Brin memfokuskan waktunya dalam pengerjaan Google Glass.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge