0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apa Ide Awal BJ Habibie Bikin Pesawat?

Mantan presiden BJ Habibie (kiri) bersama HM Lukminto, pemilik PT Sritex Sukoharjo (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Timlo.net — Presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menceritakan ide awal pembuatan pesawat dan industri strategis di Indonesia. Menurut Habibie, ide pembuatan pesawat terbang bukan muncul dari dirinya, bukan juga dari Soekarno maupun Soeharto.

“Ide untuk memiliki industri yang mampu membuat pesawat terbang pengangkutan bukan ide Habibie bukan ide Soeharto, bukan ide Soekarno. Tapi ide bangsa Indonesia,” kata Habibie di Jakarta, Kamis (26/9).

Habibie menceritakan, saat proklamasi kemerdekaan Indonesia muncullah wawasan agar bangsa Indonesia bisa semakin mandiri. Salah satunya dalam bidang kedirgantaraan.

“Januari 1950 langsung dipersiapkan dan dicetuskan proklamator bahwa akan mengirim putra putri terbaik Indonesia untuk belajar ke luar negeri di dua bidang yaitu membuat pesawat terbang atau kapal laut,” katanya.

Ketika itu, lanjut Habibie, dia adalah gelombang ke-4 putra putri Indonesia yang mendapat kesempatan belajar ke luar negeri. Ide pembuatan pesawat ini langsung dicetuskan oleh Angkatan Udara yang berguna untuk menjaga kedaulatan bangsa.

“Gelombang pertama dikirim waktu itu Pak Habibie masih SMP kelas 3. Saya gelombang ke 4 tamat SMA tahun 1954. Pertama ambil inisiatif buat pesawat terbang adalah angkatan udara. Para proklamator langsung memikirkan penguasaan udara,” tutupnya.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge