0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Uang Ngurus Gugatan Pilkada Takalar, Anis Matta: Pernah

Achmad Fathanah, tersangka kasus dugaan suap impor daging sapi (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis (26) sempat memutar rekaman pembicaraan telepon hasil sadapan antara Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Anis Matta, dan terdakwa kasus suap pengurusan penambahan kuota impor daging sapi dan pencucian uang, Ahmad Fathanah, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta.

Dalam rekaman itu terungkap, Anis sempat dan suami penyanyi dangdut Septy Sanustika itu menyinggung soal uang, buat pengurusan gugatan pemilihan Bupati Takalar, Sulawesi Selatan, di Mahkamah Konstitusi.

Menurut Anis, gugatan itu dilayangkan menyusul adanya keganjilan dalam kekalahan calon kepala daerah yang diusung oleh PKS.

“Pernah. Jadi waktu itu kita kalah Pemilukada Takalar. Dan kita ikut menggugat di MK,” kata Anis saat bersaksi dalam sidang Fathanah, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (26/9).

Dalam rekaman itu pula, terdengar Fathanah sempat mengucap kata ‘dorong’ dan ditujukan kepada kepada Anis Matta. Jaksa KPK pun lantas menanyakan apa maksud kata dorong ini.

“Saya tidak tahu persis. Dia mau eksekusi maksudnya,” ujar Anis.

Atas jawaban Anis, Ketua Majelis Hakim Nawawi Pomolango kembali bertanya dan memintanya memberi keterangan yang jujur. Hakim Ketua Nawawi nampak tak puas dengan jawaban Anis.

“Saya pahamnya begitu (uang). Tapi saya tidak tahu apa maksud terdakwa begitu,” lanjut Anis.

Menurut Anis, pihaknya mengajukan gugatan itu karena merasa ada kecurangan. Dalam kesaksian pada sidang pekan lalu, Koordinator Wilayah dan Pemenangan Pemilihan Gubernur Sulawesi PKS pada 2012, Najamuddin Mara Hamid, menyatakan pemilukada di Kabupaten Takalar memang sangat penting, karena jagoan mereka, Ilham Arief Sirajuddin dan Azis Kahar Muzakir, kurang dukungan di daerah itu.

“Karena Pemilukada Takalar ini sebelum Pemilihan Gubernur. Fathanah sudah terlibat saja di Pemilihan Gubernur. Karena ini rangkaian,” ucap Anis.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge