0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bentrok PP dan IPK di Medan, 2 Luka

Timlo.net — Anggota dua organisasi kepemudaan, Pemuda Pancasila (PP) dan Ikatan Pemuda Karya (IPK), bentrok di Jalan Merak Jingga dan Jalan Gaharu, Medan, Kamis (26/9). Sedikitnya dua orang terluka dalam peristiwa ini, sedangkan 14 lainnya diamankan ke kantor polisi.

Bentrok pertama terjadi saat sekelompok anggota PP Pimpinan Anak Cabang (PAC) Medan Perjuangan melintas di Jalan Putri Merak Jingga, sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka lewat jalan itu setelah melakukan aksi demonstrasi di Belawan.

Saat melintas, bus yang ditumpangi anggota Pengurus Anak Cabang (PAC) PP Medan Perjuangan dihadang sekelompok pemuda menghunus senjata tajam, beberapa di antaranya dikenali sebagai anggota IPK. Bus itu dilempari kelompok penghadang dengan batu. Sempat terjadi perlawanan, namun massa PP mundur hingga ke depan Kantor KPU Sumut.

“Sempat ‘main’ kami tadi setengah jam, tapi karena kalah personel, akhirnya kami tarik anggota untuk mencari kekuatan tambahan,” ujar Ketua PAC PP Medan Perjuangan Barri Siregar.

Dia mengatakan mereka tidak terima dengan perlakuan anggota IPK. “Kami tidak terima, kami mau pulang tapi mereka malah menyerang kami. Akibatnya, satu anggota PAC yang diketahui bernama Iwan terkena lemparan batu dan terpaksa dilarikan ke RS Pringgadi,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua IPK Medan Barat Arie Popay justru menuding kejadian itu dipicu anggota PP dari Gaharu yang lebih dulu melintas di sana. Dia menuding, kelompok pertama ini turun dari bus dan menyerang masuk ke dalam kantor IPK untuk melakukan penjarahan.

“Mereka (anggota PP) yang mulai. Pas kami duduk, mereka datang dan masuk ke dalam pos IPK , istri saya sempat berteriak, ‘jangan diambil TV kami’. Karena jumlah kami sedikit, kami lari, untuk mengumpulkan personel,” katanya.

Setelah berkumpul, kata dia, anggota IPK berjaga-jaga di lokasi kejadian. “Pas pula lewat bus kedua dari PAC Medan Perjuangan, jadi kami halau. Tidak terima, mereka turun dan menyerang kami , makanya terjadinya bentrokan ini. Jadi, bukan kami yang memulai,” katanya.

Ketegangan sempat reda sekitar pukul 17.30 WIB. Saat itu, anggota PP yang terkonsentrasi di depan kantor KPU Sumut memilih berkumpul di kantor PAC PP Medan Timur.

Namun, sekitar pukul 18.00 WIB bentrok susulan terjadi di Jalan Gaharu, Medan. Saat itu, anggota PP bentrok dengan anggota IPK dan warga setempat.

Polisi yang telah bersiaga di kawasan itu pun bertindak cepat dan membubarkan massa yang bentrok. Mereka mengamankan 14 orang yang kedapatan membawa senjata seperti pisau, besi dan juga Stick Golf.

Ke-14 orang ini diboyong ke Mapolresta Medan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Di Mapolresta Medan, mereka didata. Sementara itu dua orang yang terluka dilarikan ke RSU Pirngadi Medan untuk mendapat pengobatan.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge