0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri PU: Pembangunan Jembatan Sidodadi, Jangan Terima Kasih ke Saya

Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Djoko Kirmanto. (dok.timlo.net/agung)

Sragen –- Pembangunan Jembatan Sidodadi Kecamatan Masaran Sragen menelan biaya total sebesar Rp 12,7 miliar.

Dalam laporannya kepada Menteri Pekerjaan Umum (PU) Rpublik Indonesia, Djoko Kirmanto, Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman mengatakan, pembangunan Jembatan Sidodadi tersebut sudah dimulai pada tahun 2007 lalu dengan biaya dari APBD Pemkab Sragen sebesar Rp 2,4 miliar dan APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 1,3 miliar. Namun karena tidak ada anggaran untuk memasang tiang pancang jembatan, pembangunan sempat terhenti selama 5 tahun.

Selanjutnya pembangunan dianjutkan pada tahun 2012 dengan biaya dari APBN sebesar Rp 4,8 miliar dalam bentuk kerangka jembatan. Untuk itu Agus mengucapkan rasa terima kasih kepada Menteri PU karena berkat bantuannya pembangunan Jembatan Sidodadi bisa dilanjutkan.

“Bantuan dari propinsi untuk jembatan ini sebesar Rp 1,3 miliar, dari APBD Sragen sejak tahun 2007, 2012 dan tahun 2013 ini adalah Rp 6,6 miliar. Sementara kerangka jembatan diberikan oleh kementerian PU dengan nilai Rp 4,8 miliar. Karena mau beli kerangka jembatan tidak ada yang jual, yang punya hanya kementerian PU. Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Menteri,” kata Agus, ketika memberikan laporan dalam acara Peresmian Jembatan Sidodadi, Kecamatan Masaran, Kamis (26/9).

Sementara itu menanggapi pernyataan Agus tersebut Djoko Kirmanto menyatakan dengan dibangunnya Jembatan Sidodadi kan bisa memperpendek jarak tempuh antara dua wilayah yang dipisahkan oleh Sungai Bengawan Solo. Pekerjaan ini walau sempat macet, tetapi berkat bantuan Ditjen Bina Marga, akhirnya pada tahun 2012 pembangunan bisa dilanjutkan.

“Ditjen Bina Marga memberikan bantuan kerangka jembatan tip B dengan panjang 140 meter dan lebar 7 meter. Jadi setelah dibiayai oleh provinsi dan kabupaten, akhirnya Ditjen mengirim kerangka jembatan. Jadi terima kasihnya ke Pak Dirjen saja, jangan ke saya,” kata Djoko Kirmanto yang disambut tepuk tangan dari hadirin yang hadir siang itu.

Djoko menambahkan, pembangunan jembatan ini bisa selesai berkat kerja sama sluruh pihak mulai dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, jajaran Pemkab Sragen yang telah membiayai pembangunan ini dan memanfaatkan rangka jembatan sehingga dapat berfungsi dengan baik.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada masyarakat di sini yang mungkin aktivitasnya sempat terganggu dengan pembangunan jembatan ini,” kata Menteri PU, Djoko Kirmanto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge