0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Main Korek Api, Gudang Kawul Terbakar

Kebakaran gudang jerami di Boyolali. (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Boyolali — Gara-gara sekelompok anak bermain korek api di sebuah gudang penyimpanan jerami dan kayu untuk membakar tembakau di oven, mengakibatkan gudang terbakar. Kebakaran di gudang yang bersebelahan dengan perumahan penduduk, membuat warga panik. Beruntung warga dan pemadam kebakaran yang datang berhasil memadamkan api sebelum api merembet ke perumahan penduduk.

Kebakaran yang terjadi Kamis siang (26/9), menimpa gudang penyimpanan jerami milik H Syamsul, warga Dukuh Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo. Kebakaran kali pertama diketahui sekitar pukul 12.30 WIB. Tidak diketahui secara pasti sumber api penyebab kebakaran. Namun, diduga api berasal dari korek yang dibuat mainan anak-anak.

Api pertama kali diketahui oleh Fadil (65), warga setempat, api saat itu diketahui sudah berkobar di dalam gudang. Api dengan cepat membesar lantaran di dalam gudang tersebut tempat menyimpan kawul, jerami, maupun kayu bakar untuk bahan bakar oven tembakau.

“Apinya besar sekali tadi, mbulat-mbulat terus membesar,warga sini keluar semua, panik, takut kalau merembet ke rumah warga,” ungkap Fadil.

Mengetahui kejadian tersebut, kontan saksi berteriak meminta tolong. Dalam waktu singkat, warga pun berhamburan datang dan berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Warga sempat panik lantaran letak gudang berdekatan dengan rumah warga.

Suwarto (65), Ketua RW setempat yang rumahnya berada tepat di selatan gudang, menyatakan pihaknya khawatir api bakal merembet ke rumahnya. Sehingga dia pun bersiap menurunkan genteng-genteng rumahnya, untuk mengantisipasi merembetnya api.

“Soalnya rumah saya tepat berada di selatan gudang, untung saja semua warga langsung keluar dan membantu pemadaman,” papar dia.

Beruntung, di dekat gudang yang terbakar terdapat tempat penampungan air untuk keperluan mandi dan mencuci warga. Dengan bahu membahu, warga pun bergotong royong memadamkan api. Selain itu warga juga menghubungi pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali. Dua mobil pemadam kebakaran pun datang ke lokasi, membantu memadamkan api.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge